Belajar pada Kasus Cover Musik di Amerika

Belajar pada Kasus Cover Musik di Amerika

Naviri.Org - Sejak ada YouTube, siapa pun bisa jadi artis dan mendapatkan popularitas mendadak. Banyak orang yang semula bukan siapa-siapa berubah menjadi sosok terkenal, hanya karena meng-cover atau menyanyikan lagu milik musisi/penyanyi lain.

Fenomena semacam itu banyak memancing orang lain untuk turut serta. Dengan berbagai gaya—dari yang serius sampai bercanda—mereka berusaha meng-cover lagu milik orang lain, dengan harapan aksi yang mereka lakukan bisa memberi popularitas.

Padahal, urusan meng-cover lagu milik orang lain semacam itu tidak seremeh yang mungkin dibayangkan kebanyakan orang. Ada hal-hal penting, khususnya terkait hukum hak cipta, yang perlu diperhatikan.

Di Amerika Serikat, kasus cover lagu berskala besar pernah terjadi antara National Music Publishers Association (NMPA) dan Fullscreen di Pengadilan Negara Bagian New York. Pokok permasalahannya ialah 16 penerbit musik di bawah National Music Publishers Association menuduh Fullscreen secara ilegal mengambil keuntungan dari video cover lagu yang diunggah tanpa lisensi dan pemberian royalti kepada pencipta maupun penerbit musik dalam kontennya.

Fullscreen merupakan perusahaan media yang menawarkan teknologi inovatif dan layanan premium bagi para kreator konten untuk berkembang di YouTube. Fullscreen telah mempunyai jaringan global yang menghasilkan 3 miliar penayangan video per bulan dan diikuti oleh 300 juta pelanggan. Perusahaan ini didirikan pada 2011 oleh George Strampolos.

NMPA sendiri adalah asosiasi yang merepresentasikan penerbit musik di Amerika dan tempat pengaduan bagi para penulis lagu. NMPA memegang mandat melindungi kepentingan penerbit musik dan pencipta lagu terkait hak cipta.

Dalam kasus NMPA melawan Fullscreen, akhirnya pengadilan memutuskan agar Fullscreen menghapus video cover yang tidak memiliki izin atau lisensi dari penerbit musik dan pemilik lagu.

Budaya cover lagu jamak terjadi di era serba digital ini. Dengan bantuan internet, semua berkesempatan menjadi bintang dalam waktu singkat. Namun, alangkah baiknya apabila pemilik motivasi tersebut juga sadar hukum agar tak terjerat sanksi.


Related

Music 7008177624548375917

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item