Kisah Tragis Orang-orang yang Memenangkan Lotere

Kisah Tragis Orang-orang yang Mendapat Lotere

Naviri.Org - Keberuntungan memang bisa datang dari mana saja, termasuk dari undian atau lotere. Seseorang membeli lotere suatu hari, dan tanpa disangka-sangka memperoleh hadiah yang sangat besar, sehingga kehidupan tiba-tiba berlimpah uang. Namun, keberuntungan—khususnya dari undian atau lotere—kadang tidak berakhir indah. Sebagian dari pemenang lotere justru mengalami nasib tragis atau sial.

Dalam sejarah lotere Amerika Serikat, hadiah terbesar yang pernah dikeluarkan adalah 1,6 miliar dolar yang diperoleh 3 orang. Masing-masing mendapat 528 juta dolar. Karena mereka memilih untuk mengambil uang dalam bentuk langsung, uang yang diterima adalah 327 juta dolar, sisanya dipotong pajak.

Para pemenang lotre itu punya satu kesamaan; mereka bingung harus melakukan apa. Merle Butler dan Patricia yang memenangkan 1/3 dari total hadiah 656 juta dolar dalam lotre Mega Million pada 2012, mengatakan bahwa mereka "sedang bingung akan melakukan apa."

Memenangkan lotere dalam jumlah besar memang rawan membuat pemenang jadi “kebingungan”. Pasti ada perasaan was-was. Apalagi jika pemenangnya berasal dari kota kecil, tempat desas desus begitu cepat berhembus. Karena itu, banyak pemenang lotre yang melakukan kesalahan dasar. Seperti soal identitas, misalnya. Beberapa pemenang memilih untuk merahasiakan identitas. Tapi sejumlah pemenang lain dengan terang-terangan datang ke konferensi pers.

Kesalahan lain adalah tak bijak menggunakan uang. Evelyn Adams pernah memenangkan lotere 2 tahun berturut-turut, 1985 dan 1986. Ia mendapat hadiah sekitar 5,4 juta dolar. Namun, alih-alih berinvestasi, ia malah menghamburkanya di meja judi. Ia kehilangan segalanya. Menurut laporan Business Insider, ia sekarang jadi gelandangan dan tinggal di rumah trailer.

Laporan Business Insider itu juga menceritakan nasib 20 pemenang lotre lain yang jauh dari keberuntungan. Ada yang nyaris mati dihabisi pembunuh bayaran yang disewa adiknya sendiri, ada yang membeli Porsche dan rumah mewah lalu berakhir dengan perceraian yang bikin bangkrut, juga ada yang kembali hidup biasa setelah uang habis untuk pesta dan membeli pakaian.

Salah satu yang paling menyedihkan terjadi pada Gerald Muswagon. Ia memenangkan lotere sebesar 10 juta dolar di Kanada, dan menghabiskannya untuk pesta dan mabuk-mabukan. Ia bangkrut setelah 7 tahun menjalani gaya hidup bak bintang rock, kembali ke rumah orang tua, dan gantung diri pada 2005.

Karena beban berat pemenang itu, juga bahaya-bahaya yang menghantui, saran terbaik bagi pemenang lotere adalah segera mencari pengacara, akuntan, dan pengatur keuangan terbaik. Mereka akan memastikan pengeluaran bisa ditata dengan lebih baik.

Baca juga: Wow, Orang Ini Memenangkan Hadiah Lotere 10 Triliun

Related

Insight 3499525354050026849
item