Memahami Perbedaan Worth, Worthy, Worth It, dan Worthed (Bagian 2)

Memahami Perbedaan Worth, Worthy, Worth It, dan Worthed

Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Memahami Perbedaan Worth, Worthy, Worth It, dan Worthed - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Worth It

Worth it pada dasarnya sama seperti worth sebagai kata sifat. Worth sebagai kata sifat biasanya diikuti oleh kata benda. Kata it dalam worth it merupakan pronoun atau kata ganti dari kata benda tersebut. Karena itu, gunakan worth it saat kita dan lawan bicara kita sudah tahu kata benda apa yang digantikan oleh it tersebut. Contoh:

Jika menggunakan worth: The movie is worth watching. (Filmnya patut ditonton).

Jika menggunakan worth it: The movie is worth it. (Filmnya patut ditonton) –> pada contoh ini si pembicara dan lawannya sudah tahu bahwa kata watching adalah kata benda yang digantikan oleh it.

Penggunaan worth it juga bisa berarti benda atau barang yang kita dapatkan sebanding dengan usaha, pengorbanan, atau harga ketika kita memperolehnya. Dalam konteks ini, kita tetap harus mengenali benda atau barang apa yang dimaksud. Contoh:

I’m not coming to the party. It’s not worth it. (Saya tidak akan datang ke pestanya. Itu tidak sebanding) –> si pembicara tahu mengapa pestanya tidak layak didatangi.

Worth it biasanya digunakan dalam second mention atau penyebutan yang kedua. Itu karena dalam penyebutan pertama, kita mengenalkan topik yang ingin kita bicarakan. Contoh:

The movie has a great plot. It is worth it. (Filmnya memiliki alur cerita yang hebat. Itu patut ditonton) –> pada penyebutan pertama, si pembicara mengenalkan bahwa film memiliki alur cerita yang hebat. Pada penyebutan yang kedua, si pembicara menggunakan kata ganti it untuk menggantikan movie dan watching.

Worthed

Jika kita mencari kata worthed dalam kamus Bahasa Inggris, kita tidak akan menemukannya. Itu karena tidak ada kata worthed dalam Bahasa Inggris. 

Worthed sebenarnya adalah kekeliruan penulisan dari worth it. Jika diucapkan, kata worthed dan worth it memiliki pelafalan yang sama. Itulah mengapa masih banyak yang mengira bahwa kata worthed merupakan ejaan dari worth it.

The movie was worth it. –> benar
The movie was worthed. –> salah

Itulah perbedaan antara worth, worthy, worth it, dan worthed. Semoga setelah membaca artikel ini kita tidak lagi keliru dalam menggunakan keempatnya.

Related

Education 9152701058804416109

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item