Cara Menggunakan Genset Bensin untuk Pemula

Cara Menggunakan Genset Bensin untuk Pemula

Tidak setiap orang bisa menyalakan atau mengoperasikan genset. Hal ini karena jenis dan tipe genset yang beragam, salah satunya berdasarkan bahan bakarnya. Penggunaan yang sesuai prosedur membuat genset tidak mudah rusak dan hanya membutuhkan service genset secara berkala. Jenis genset dari bensin dan diesel merupakan jenis genset yang paling sering digunakan. Namun bagi anda yang belum menggunakan atau menyalakan genset mungkin akan merasa kebingungan dan harus yang dilakukan pertama. Berikut ada tahapan cara menggunakan genset, khususnya penggunaan genset bensin.

Pastikan genset tersebut genset bensin

Sebelum anda menyalakan atau mencari kabel dan lain-lain, anda harus memastikan bahan bakar yang digunakan pada genset itu adalah bensin.

Periksa Oli

Saat anda telah memeriksa bahan bakan, langkah selanjutnya adalah memeriksa olinya. Umumnya genset ini menggunakan oli tipe SAE 20-40.

Periksa Kondisi Accu

Jika kondisi accu baik-baik saja maka dengan sekali atau dua kali patikan akan langsung menyala. Lain halnya, dalam beberapa kali patikan belum menyala bisa jadi karena kondisi accu yang kurang baik.

Periksa MCB Pembebanan Listrik

Pastikan panel MCB yang menuju generator dan saklar dalam posisi OFF. Hal ini mencegah terjadinya arus yang tidak teratur dan mengakibatkan kecelakaan kerja.

Tahapan aktifasi
  • Lakukan choke genset dan ubah posisinya, hal ini untuk mempermudah genset menyala
  • Posisi choke yang berada di dekat karburator
  • Posisikan tuas choke berada diatas logo segitiga
  • Posisikan saklar mesin dalam switch on
  • Posisikan tuas pengatur udara dalam switch on

Pemanasan

Setelah semuanya sudah dalam keadaan on, layaknya mobil dan motor yang setelah dinyalakan harus di tunggu 5 hingga 10 menit untuk dipanaskan.

Tarikan koil perlahan

Untuk mekanik genset, anda harus menarik koil terlebih dahulu. Tarik koil setengah terlebih dahulu selanjutnya tarik secara keseluruhan.

Matikan choke

Setelah lima menit menyala anda bisa mematikan choke. Jangan beri beban berat untuk pertama kali. Berikan beban secara bertahap.

Matikan genset

Matikan saklar MCB, tunggu hingga putaran udara benar benar terhenti sekitar 5 menit. Pastikan seluruh kontak sudah dalam posisi switch OFF.

Jika anda masih belum bisa untuk service genset sendiri, sebaiknya langsung menghubungi layanan service genset 24 jam terdekat.

Related

Adv 8094606983153055424

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item