Geger, “Makhluk dari Neraka” Muncul di Kebumen

Geger, “Makhluk dari Neraka” Muncul di Kebumen

Naviri.Org - Bumi yang kita tinggali memiliki beragam flora dan fauna. Ada jutaan jenis tumbuhan dan hewan yang tersebar di mana-mana, kadang hanya terdapat di suatu daerah/negara, kadang pula tersebar di semua wilayah. Di Indonesia, kita telah mengenali aneka macam flora dan fauna yang dikenal di negeri ini, dari yang umum atau biasa, sampai yang aneh dan unik.

Meski kita mungkin telah mengenal aneka macam hewan yang biasa ditemui di lingkungan sekitar, kadang ada hewan-hewan tertentu yang sama sekali tidak kita kenal sebelumnya, lalu muncul di lingkungan kita. Ketika hal semacam itu terjadi, biasanya kita heran dan bertanya-tanya, “Makhluk apa itu?”

Peristiwa serupa terjadi di Kebumen, baru-baru ini. Seorang warga Kebumen, bernama Gandik, mendapati kemunculan makhluk yang aneh di rumahnya. Makhluk aneh itu serupa serangga, mirip kupu-kupu, tapi tidak seperti umumnya serangga atau kupu-kupu yang selama ini ia kenal. Didorong penasaran, Gandik merekam keberadaan makhluk aneh itu menggunakan video, lalu mengunggahnya ke Facebook.

Begitu video unggahan Gandik itu muncul di Facebook, seketika kegegeran dimulai. Video yang diunggah pada 19 Oktober 2017 itu segera di-share hingga 94.149 kali. Selain itu, sebanyak 17.515 netizen juga tercatat memberikan komentar, terkait video yang merekam makhluk aneh tersebut. Sama seperti Gandik, orang-orang lain juga tidak tahu dan heran dengan makhluk yang aneh tersebut.

Video yang diunggah Gandik tidak hanya menarik perhatian warga Indonesia, tapi juga menarik penasaran para netizen dari berbagai negara lain. Hal itu terbukti dari komentar-komentar yang mengiringi video tersebut, yang ditulis oleh para pengguna Facebook dari berbagai negara, termasuk India, Thailand, Pennsylvania, Singapura, Venezuela, Florida, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Rata-rata mereka, seperti orang-orang Indonesia, juga sama heran dengan keberadaan makhluk dalam video. Sebegitu heran, hingga ada di antara mereka yang menyatakan bahwa makhluk aneh yang muncul di Kebumen itu berasal dari neraka. Perkiraan “makhluk dari neraka” itu bahkan dikait-kaitkan dengan simbol Baphomet, salah satu simbol terkenal yang misterius.

Spekulasi mengenai “serangga yang datang dari neraka” itu mungkin akan terus menjalar, kalau saja tidak ada orang yang meluruskan asumsi tersebut. Salah satu netizen, yang juga menonton video unggahan Gandik, akhirnya bisa menjelaskan apa makhluk itu sebenarnya. Netizen bernama Renato Romero itu menjelaskan, bahwa serangga aneh itu bernama Creatonotos Gangis.

Renato Romero menulis, "Everyone is going crazy about this one. Actual name is Creatonotos Gangis. Those weird looking hairy fingers are called coremata, its scent organs. They produce pheromones to attract mates.”

Creatonotos gangis adalah spesies dari arctiine ngengat yang ditemukan di Asia Tenggara dan Australia. Penyebarannya adalah di antara kawasan yang meliputi Indonesia, India, Sri Lanka, China, Jepang, Thailand, dan New Guinea.

Sedangkan di Australia, serangga ini hanya ada di wilayah bagian utara Australia Barat, Teritorial Utara, dan Queensland sampai Mackay. Hal itu dijelaskan oleh Carl Linnaeus dalam bukunya, Centuria Insectorum tahun 1763.

Bagian tubuh yang berbentuk seperti tentakel di ujung perutnya disebut coremata. Coremata berfungsi untuk menghasilkan feromon untuk menarik lawan jenisnya. Creatonotos gangis memakan tanaman yang menghasilkan alkaloid pyrrolizidine (PA). Jika tidak mengonsumsi PA, Creatonotos gangis tidak akan bisa menumbuhkan coremata-nya dan tidak bisa kimpoi.

Sebaliknya, semakin banyak Creatonotos gangis mengonsumsi PA, maka bentuk coremata akan semakin mengesankan dan mengeluarkan lebih banyak feromon.

Baca juga: Gara-gara Kemunculan Vampir, PBB Menarik Stafnya dari Afrika

Related

News 8002062059295082618

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item