Enny Arrow, Puncak Kejayaan Novel Erotis Indonesia

Enny Arrow, Puncak Kejayaan Novel Erotis Indonesia

Naviri.Org - Kapan pun orang menyebut novel erotis atau novel esek-esek, nama Enny Arrow pasti akan selalu disebut. Pasalnya, Enny Arrow adalah salah satu novelis yang paling terkenal, terkait novel-novel erotis. Sebegitu terkenal, sampai-sampai nama itu telah identik dengan novel erotis. Kenyataannya, Enny Arrow juga menandai puncak kejayaan novel erotis di Indonesia.

Novel Enny Arrow merupakan stensilan mesum yang populer pada 1980-1990-an. Kala itu, ia menjadi barang paling diburu di lapak-lapak buku emperan di kawasan Pasar Senen dan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Penjualannya tak terbendung meski dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Novel Enny Arrow tidak dijual secara terbuka di toko-toko buku kenamaan. Sejak kemunculannya pada 1970-an, transaksi jual-beli stensilan mesum itu kerap dilakukan secara sembunyi-sembunyi di lapak-lapak pedagang koran, majalah, atau buku di pinggir jalan. Cara ini terus berlangsung hingga Enny Arrow mencapai puncak ketenaran pada 1980-1990-an.

Pada akhir 1990-an, Enny Arrow terpaksa mengakhiri masa kejayaannya. Dia tak lagi menjadi primadona lantaran perkembangan teknologi telah mendorong adegan-adegan ranjang tampil dalam bentuk yang lebih nyata: audio-visual. Mula-mula muncul video porno melalui kaset laser disc. Kemudian berkembang menjadi video compact disc (VCD), digital versatile disc (DVD), dan Internet.

Ketenaran Enny Arrow sebenarnya tak lepas dari isi tulisan dalam setiap terbitannya. Di masa itu memang sudah banyak karya sastra yang menceritakan hubungan lawan jenis. Tapi hanya Enny Arrow yang detail bertutur tentang persetubuhan dan eksploitasi tubuh. Pada masa itu, di tengah keterbatasan informasi tentang hal begituan, Enny Arrow membuat anak-anak muda penasaran.

Sebenarnya, selain Enny Arrow, ada novel-novel lain yang juga menyuguhkan hal sama. Salah satu nama, misalnya, Fredy S. Dia juga terkenal sebagai novelis Indonesia yang melahirkan banyak kisah erotis. Namun, setenar apa pun Fredy S, pengaruhnya tetap kalah dibanding Enny Arrow, khususnya dalam hal popularitas di dunia novel erotis.

Kemudian, ada pula serial novel Nick Carter, yang juga menyuguhkan kisah erotis. Kisah Nick Carter bisa dibilang mirip James Bond, mengisahkan petualangan seorang agen mata-mata yang tidak hanya sibuk bertarung, namn juga sering bercinta dengan wanita mana pun yang diinginkan. Tetapi, tetap saja, pengaruhnya masih kalah dibanding Enny Arrow.

Baca juga: Sulitnya Mencari Novel-novel Stensilan Enny Arrow

Related

Insight 2033590213566869859

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item