Orang Ini Terkejut, Saldo Rekeningnya Bertambah Rp255 Miliar

Orang Ini Terkejut, Saldo Rekeningnya Bertambah Rp255 Miliar

Naviri.Org - Apa yang akan Anda lakukan, jika suatu hari melihat saldo rekening di ATM, dan mendapati saldo Anda telah bertambah puluhan miliar? Tentu saja Anda akan terkejut, karena tidak tahu dari mana tambahan uang yang sangat banyak itu berasal. Kemungkinan ada kesalahan bank, atau orang yang salah transfer.

Setelah itu, keputusan Anda akan dilatari oleh bagaimana pikiran Anda terhadap uang yang tiba-tiba masuk rekening tersebut. Bisa jadi, Anda berpikir bahwa itu bukan kesalahan Anda, jadi Anda pun merasa bebas untuk menggunakannya. Kalau pun kelak dipermasalahkan, mungkin Anda bisa menjawab, “Lhoh, saya pikir itu memang uang saya, wong nyatanya ada di rekening saya! Kalau ternyata itu salah kirim, berarti siapa yang salah? Saya kan tidak minta!”

Atau, sebaliknya, Anda terkejut mendapati tambahan yang sangat banyak itu, dan menyadari bahwa itu bukan uang Anda. Bank mungkin telah melakukan kesalahan tertentu, atau ada orang yang kesasar salah kirim ke rekening Anda. Karena kesadaran itu pula, Anda beritikad baik mendatangi bank, menjelaskan bahwa ada uang yang telah masuk ke rekening Anda, dan meminta bank untuk menarik kembali uang itu dari rekening Anda.

Hal semacam itulah yang juga dilakukan Clare Wainwright, seorang pengacara asal Australia. Ia terkejut ketika mendapati angka 25 juta dollar Australia atau sekitar Rp 260 miliar tertera pada akun rekeningnya. Wainwright memeriksa rekening banknya pada Kamis (26/10/2017) untuk mengecek uang yang masuk.

Dia tak menyangka, ada kelebihan 24,5 juta dollar atau sekitar Rp 255 miliar dari uang yang seharusnya ada di rekening, dan kredit rumahnya juga dinyatakan sudah lunas. "Saya seorang pengacara, itulah kenapa saya tidak menghabiskan uang itu," katanya, seperti dikutip dari The Sydney Morning Herald.

Wainwright telah berupaya mengingatkan Bank Nasional Australia (NAB) atas kesalahan dana yang mengalir di rekeningnya.

Sebelum mendapati rekening banknya benar-benar bertambah jutaan dollar, pengacara muda itu dikirimi sebuah surat dari bank yang mengkonfirmasi debit langsung pembayaran pinjaman telah siap.

Dalam surat yang diterima pada September lalu itu, juga tertulis pembayaran bulanannya menjadi 25 juta dollar, bukan 2.500 dollar, jatuh tempo pada 25 Oktober.

Wainwright mengatakan NAB tampaknya telah meminta uang jutaan dollar di akun rekeningnya di Bank St George.

Ketika ditanya, bagaimana seandainya dia mau menghabiskan uang itu, dia menjawabnya dengan bercanda. "Tentu, saya akan menggunakannya untuk melunasi utang dan membeli rumah di lokasi lain. Atau membeli sebuah pulau," kelakarnya.

Juru bicara NAB menuturkan kesalahan telah diperbaiki dan penyelidikan terhadap penyebab aliran dana ke rekening Wainwright sedang dilakukan. "Kesalahan telah diperbaiki dan pembayaran telah dibatalkan," katanya.

Peristiwa uang nyasar itu pernah terjadi sebelumnya di Australia. Mahasiswi Teknik Kimia, Christine Xin Lee, menghabiskan jutaan dollar untuk membeli tas dan barang mewah setelah Bank Westpac mengiriminya 4,6 juta dollar atau Rp 47,9 miliar. Namun diketahui, uang itu dikirim karena sebuah kesalahan sistem.

Selain itu, Matthew Pearce, seorang warga Melbourne, penah memiliki 123 juta dollar atau Rp 1,2 triliun di akun Bank Commonwealth miliknya.

Badan Ombudsman Layanan Keuangan Australia memberi peringatan agar orang-orang tidak menghabiskan uang akibat kesalahan pengiriman. "Anda seharusnya tidak menghabiskan atau menarik uang yang ditransfer ke rekening Anda, yang disebabkan oleh kesalahan. Itu tindakan ilegal, dan Anda harus membayarnya kembali," katanya.


Related

World's Fact 2768914400538911356

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item