Mengenal Yamaha Motoroid, Konsep Motor yang Futuristik

Mengenal Yamaha Motoroid, Konsep Motor yang Futuristik
Naviri.Org - Selain motor-motor yang biasa kita kenal di jalan raya, atau yang kita miliki, para produsen motor sebenarnya juga menciptakan motor-motor konsep. Berbeda dengan motor standar yang dijual bebas, motor-motor konsep umumnya hanya ditujukan untuk pameran, atau setidaknya untuk rancangan awal atas motor masa depan yang akan mereka produksi.

Biasanya, motor-motor konsep bermunculan pada acara-acara tertentu, semisal Tokyo Motor Show. Di acara tersebut, berbagai produsen motor akan berupaya menyuguhkan motor-motor konsep mereka, termasuk Yamaha.

Sebagai produsen motor terkenal, Yamaha siap menampilkan berbagai produk konsep di Tokyo Motor Show 2017. Salah satunya Motoroid, yang diklaim mampu berinteraksi dengan penunggangnya. Bagaimana cara interaksinya?

"Motor ini memiliki fitur interaksi langsung, seperti mengenali kehadiran pemiliknya. Kami berusaha menyelesaikan tantangan ini, agar teknologi yang kami buat menciptakan suatu nilai baru," rilis Yamaha untuk pameran otomotif terakbar di Jepang, yang berlangsung pada 2017.

Keunikan Motoroid bukan hanya pada fitur interaktifnya. Tampilan motor konsep ini juga sangat radikal. Posisi stang agak ke bawah, sehingga membuat posisi duduk penunggangnya harus sangat menunduk seperti saat balapan. Keistimewaannya bertambah karena ditenagai generator elektrik, yang menjadikannya ramah lingkungan.

Yamaha juga memamerkan Motobot Ver.2. Motor swakendali ini diciptakan untuk bisa berkendara tanpa awak di lintasan, sampai kecepatan 200 kpj bahkan lebih. Pengujian khusus pun sudah dibuat antara Motobot Ver.2 dengan Valentino Rossi, selaku pembalap MotoGP. Siapa yang lebih hebat di lintasan? Hasilnya diumumkan di Tokyo Motor Show.

"Gabungan dari teknologi motor dan robot, menghasilkan robot pengendara swakendali yang siap untuk mengekplorasi wilayah manapun," rilis Yamaha.
Mengenal Yamaha Motoroid, Konsep Motor yang Futuristik

Tidak selesai pada produk roda dua, Motoroid dan Motobot Ver.2, Yamaha juga siap menampilkan mobil konsep buatannya. Kendaraan roda empat ini bernama MWC-4 yang mampu memberi kesenangan berkendara layaknya menunggangi motor. Desain MWC-4 sangat unik, mampu menampung satu penumpang saja. Tubuhnya juga tidak sepenuhnya tertutup, sehingga semilir angin masih bisa menerpa wajah Anda saat berkendara. Gaya uniknya, terinspirasi dari motor dan alat musik buatan Yamaha.

Produk terakhir yang tidak kalah unik, juga siap dipamerkan. Hanya saja Yamaha belum mengumumkan nama resminya. Lewat channel Youtube YamahaMotorUSA cuma disebutkan kisi-kisi kalimat: Ride The Revolution. Videonya juga tidak menampilkan motor apapun. Satu yang bisa dikenali, suara mesin pembakaran internal performa tinggi menjadi sumber energinya.

Salah satu media di Amerika Serikat menduga, motor baru yang siap meluncur di Tokyo Motor Show 2017 itu sebagai Yamaha MWT-9. "Pertunjukan dengan dua pedang dan dua papan ski (yang terlihat di video) mungkin pertanda motor itu memiliki dua roda depan, bisa jadi versi produksi dari Yamaha MWT-9 yang memakai mesin tiga silinder," papar laman Motorcycle.com.

Baca juga: Di Masa Depan, Tidak Ada Lagi Mobil Berbahan Bakar Bensin

Related

Automotive 7389114258560882121

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item