Mengapa Ada Orang yang Aslinya Biasa, tapi Tampak Cakep Saat Difoto?

 Mengapa Ada Orang yang Aslinya Biasa, tapi Tampak Cakep Saat Difoto?

Naviri.Org - Mungkin kita punya teman yang aslinya biasa-biasa saja, tapi tampak sangat menawan atau cakep ketika difoto. Orang semacam itu biasanya disebut fotogenic, yaitu orang yang memiliki daya tarik ketika difoto, meski aslinya biasa saja.

Ada banyak orang semacam itu. Ketika kita bertemu langsung, kita melihat wajahnya biasa-biasa saja, bahkan bisa jadi kita lebih cakep dari mereka. Tetapi ketika difoto, kita yang lebih cakep tampak biasa-biasa saja, sementara mereka justru tampak lebih cakep dan menawan. Mengapa hal semacam itu bisa terjadi?

Tak perlu iri dengan teman yang selalu terlihat cantik atau ganteng saat difoto alias fotogenik. Ternyata, orang yang fotogenik belum tentu memiliki wajah proporsional.

"Orang yang kamera face belum tentu cantik. Sebenarnya yang fotogenik itu umumnya punya satu bagian wajah yang menonjol, misalnya hidungnya sangat mancung atau dagu sangat panjang," kata dr. Adri Dwi Prasetyo Sp.KK.

Ia mengatakan, orang yang fotogenik biasanya akan berusaha menunjukkan bagian yang paling estetik dari wajahnya saat difoto.

"Sebagian besar pasien saya yang kamera face tidak masuk dalam kategori golden rasio," ujar pendiri klinik kecantikan Rejuva di Surabaya ini.

Wajah yang proporsional, menurut Adri, adalah wajah yang memenuhi rumus golden ratio, yakni rasio matematis untuk menghitung proporsi dan daya tarik wajah. Dengan kata lain, rumusan ini menjadi tolak ukur wajah ideal manusia.

"Fotogenik belum tentu secara estetika baik. Orang yang fotogenik tapi kalau dilihat aslinya tidak secantik fotonya, ia tidak masuk dalam kategori memenuhi golden ratio," ujarnya.

Adri menyebutkan, sangat mudah menilai orang yang cantik difoto dan cantik dilihat saat bertemu langsung.

"Sebaliknya, wanita yang tidak fotogenik, tetapi kalau dilihat aslinya lebih cantik, dia memenuhi golden ratio. Banyak yang seperti ini, dan itu mudah kita nilai," katanya.

Baca juga: 3 Alasan dan Latar Belakang Wanita Lepas Jilbab

Related

Lifestyle 8920970705856493875

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item