Cinta Mati, Remaja 16 Tahun Menikahi Nenek 71 Tahun

Cinta Mati, Remaja 16 Tahun Menikahi Nenek 71 Tahun

Naviri.Org - Cinta mungkin memang misterius, dan bisa menghinggapi siapa saja tanpa pandang usia. Sepasang pria wanita yang saling jatuh cinta, dan usia mereka tak terpaut jauh, mungkin hal biasa. Atau, seorang pria yang saling jatuh cinta dengan wanita yang sepuluh tahun lebih muda, juga mungkin masih dianggap biasa. Tapi bagaimana jika ada seoang remaja laki-laki berusia 16 tahun, jatuh cinta pada wanita berusia 71 tahun?

Kisah yang mungkin sangat langka itu terjadi di Kabupaten OKU, dan sempat menghiasi beberapa media di Indonesia.

Seorang remaja berusia 16 tahun, Selamat Riyadi, menikahi nenek Rohaya binti Kiagus Muhammad Jakfar, yang telah menginjak usia 71 tahun.

Pernikahan unik ini terjadi di Dusun 1 Desa Karangendah, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten OKU. Akad nikah dipandu oleh Petugas Pembantu Pencatat Nikah (P3N) desa setempat atas nama Ibnu Hajar.

Wali dari mempelai perempuan atas nama Raup (75) mewakilkannya kepada P3N Ibnu Hajar, dengan saksi pernikahan masing-masing atas nama Komaruddin dan Charles.

Prosesi pernikahan berlangsung khusuk dan sederhana, dihadiri Kepala Desa Karangendah Cikani dan masyarakat serta perwakilan dari Polsek Lengkiti.

Meskpun dilaksanakan di malam hari dan prosesi sangat sederhana, namun pernikahan berjalan dengan nuansa kebahagiaan. Mempelai wanita yang sudah berusia lanjut dan memiliki beberapa cucu ini tampak malu-malu.

Setelah prosesi ijab kabul, mempelai wanita terlihat malu duduk merapat dengan pengantin pria.

“Ndekat lagi mak, senyum jangan tutup mulutnya,” kata sanak famili yang akan mengabadikan momen bahagia pernikahan beda usia ini.

Kapolsek Lengkiti, Ipda Ahsum, yang dikonfirmasi Senin (3/7/2017) membenarkan bahwa di wilayah Polsek Lengkiti telah terjadi pernikahan beda usia.

"Pernikahan ini terjadi atas dukungan semua masyarakat setempat, sebab pasangan ini mengancam akan bunuh diri bersama-sama apabila pernikahan mereka dilarang,” terang Ipda Ahsum kepada media.

Ahsum menambahkan, sebenarnya pasangan Rohaya dan Selamat Riyadi sudah lama ingin melangsungkan pernikahan.

Namun karena masyarakat masih belum berkenan lantaran perbedaan usia kedua mempelai terpaut sangat jauh, keinginan itu belum terpenuhi.

Bahkan bulan Ramadhan lalu, pasangan Rohaya dan Selamat juga sudah berencana menikah, namun baru teralisasi sekarang.

Baca juga: Masalah Perkawinan Anak di Bawah Umur di India

Related

World's Fact 1000811800400961572

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item