Kesehatan Mental Bisa Tercermin dari Postingan di Instagram

Kesehatan Mental Bisa Tercermin dari Postingan di Instagram

Naviri.Org - Sejak media sosial Instagram kian populer, ada banyak orang yang senang membuat foto, dan mengunggahnya ke media sosial tersebut. Nyatanya, Instagram memang media sosial yang ditujukan untuk berbagi foto. Foto-foto yang diunggah di Instagram pun beragam. Ada yang senang membagikan foto-foto saat sedang traveling, ada yang suka mengunggah foto-foto makanan, ada yang senang memamerkan foto-foto kemersraan, dan lain-lain.

Yang unik, ternyata kesehatan mental seseorang dapat dilihat atau diprediksi dari postingan-postingan atau foto-foto yang diunggah di Instagram.

Bagaimana pun, media sosial menjadi wadah berekspresi, mencurahkan isi hati, dan melontarkan opini. Sadar atau tidak, Anda meninggalkan petunjuk tentang kesehatan mental di media sosial melalui kata-kata, emoji, bahkan postingan foto yang Anda bagikan.

Firma penelitian EPJ Data Science menemukan bahwa postingan Instagram bisa memprediksi apakah seseorang mengalami depresi. Tak kurang dari 166 akun Instagram dilibatkan dalam penelitiannya.

Dari 43.950 total foto yang dihimpun, ada pola-pola yang tertangkap algoritma untuk memprediksi tingkat depresi seseorang. Menurut peneliti, algoritma bisa jadi lebih cerdas daripada dokter untuk memprediksi kondisi mental.

Lantas, seperti apa postingan Instagram dari orang yang berpotensi atau telah mengalami depresi?

Menurut hasil penelitian, foto-foto Instagram dengan tone warna kebiru-biruan, gelap, dan cenderung abu-abu, menggambarkan kondisi pikiran dan energi negatif.

Jika Anda memiliki teman yang gemar membagi foto dengan tone warna demikian, sebaiknya sediakan lebih banyak waktu untuk menemaninya dan mengobrol dengannya.

Selain itu, orang yang cenderung depresi tak terlalu suka membubuhi foto-foto Instagram dengan filter yang ruwet. Jika pakai filter, jenis “Inkwell” di aplikasi Instagram akan jadi favorit mereka, karena hanya berupa hitam-putih alias black and white.

Sementara itu, bagi yang kondisi mentalnya sehat, cenderung suka mematrikan filter yang membuat foto tampak lebih cerah atau bersinar. Jenis filter “Valencia” di aplikasi Instagram biasanya menjadi pilihan.

Terlepas dari sinyal-sinyal tersebut, tim peneliti memiliki catatan penting. Jenis postingan seseorang di Instagram memang bisa dijadikan indikator awal untuk mengidentifikasi kesehatan mental orang. Namun, diagnosa selanjutnya tetap harus melalui uji medis yang kompleks.

Baca juga: Media Sosial di Internet Bisa Menjadi Sumber Stres

Related

Psychology 642262483279327631

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item