Fakta di Balik Kode Tulisan Hijau Film The Matrix

Fakta di Balik Kode Tulisan Hijau Film The Matrix

Naviri.Org - Para pecinta film The Matrix pasti tidak asing dengan tulisan berwarna hijau yang ditulis dari atas ke bawah. Sebegitu populer tulisan aneh itu, hingga menjadi semacam ikon The Matrix.

Menit-menit awal film legendaris The Matrix (1999) diisi kode-kode tulisan yang membingungkan dan agak bikin merinding, barisan kode warna hijau yang perlahan-lahan muncul dan akhirnya memenuhi layar. Dari jauh, karakter-karakter terlihat seperti kode-kode komputer yang susah dipahami. Jika ditilik dari dekat, kita akan menemukan tiga jenis aksara Jepang di dalamnya: hiragana, katakana, dan kanji.

Duo Wachowki, selaku sutradara The Matrix, membuka semua film dalam franchise The Matrix dengan adegan ini. Jadi, bisa kita bilang adegan hujan tulisan hijau ini sebagai salah satu bagian ikonik dari franchise film The Matrix. Bagi yang penasaran apa arti di balik deretan aksara-aksara hijau itu, ada kabar menarik. Ternyata selama ini kita tertipu. Aksara-aksara hijau itu bukan semacam deretan kode-kode dengan pesan tersembunyi. Tak ada pula makna filosofis yang luhur di baliknya.

Orang yang bertanggung jawab atas tulisan ikonik tersebut adalah Simon Whiteley, yang bekerja sebagai desainer produksi untuk franchise The Matrix. Dalam sebuah wawancara dengan CNet, Whiteley buka kartu. Kode-kode misterius dalam adegan itu adalah halaman-halaman buku resep sushi milik istrinya.

Fakta di Balik Kode Tulisan Hijau Film The Matrix

"Saya mau bilang pada semua orang bahawa kode-kode hijau dalam The Matrix sebenarnya cuma resep sushi dalam bahasa Jepang," kata Whiteley, yang juga bekerja sebagai desainer produksi film Babe (1995) dan The Lego Movie (2014), saat diwawancarai CNet. "Tanpa kode-kode itu, The Matrix tidak pernah ada."

Jadi, kesimpulannya, kode-kode misterius di pembukaan film The Matrix yang selama ini kita sangka punya makna tersembunyi ternyata cuma resep sushi biasa. Setidaknya kita harus berterima kasih pada Whiteley, telah membongkar salah satu rahasia besar dalam franchise The Matrix.

Mungkin dalam waktu dekat, ada fans berat seri film laga sains fiksi tersebut yang berusaha keras memasak sushi dengan memperhatikan detail adegan awal The Matrix.

Oh iya, ada satu lagi fakta yang bakal bikin kalian semua kaget. Ternyata, meski telah bikin adegan pembuka The Matrix, nama Whiteley sama sekali tidak muncul di kredit film.

Baca juga: Thor: Ragnarok, Kisah Kehancuran Asgard

Related

Film 8809555255411843896

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item