Mengapa Ada Lagu-lagu yang Membuat Kita Kecanduan?

Mengapa Ada Lagu-lagu yang Membuat Kita Kecanduan?

Naviri.Org - Di antara kita pasti telah terbiasa dengan fenomena ini. Kita mendengar suatu lagu, dan entah bagaimana langsung suka lagu itu, bahkan langsung hafal liriknya, atau setidaknya nada lagunya. Lagu itu seperti nempel terus di otak kita, dan tanpa sadar kita pun sering menyenandungkan nada atau bagian chorus lagu tersebut. Kenapa ada lagu yang bisa membuat kita kecanduan seperti itu?

Kenyataannya, ada lagu-lagu yang memang bisa membuat orang kecanduan. Kenyataan itu diungkapkan oleh Bede Williams, peneliti dari University of St. Andrews. Menurutnya, ada lima faktor yang membuat lagu bikin kita kecanduan. Lima hal itu adalah:

- Kejutan
- Mudah diprediksi (prediktabilitas)
- Pengulangan ritme
- Potensi melodik
- Reseptif (perasaan penggemar akan lagu itu)

Karenanya, rumus bikin lagu yang membuat pendengarnya kecanduan adalah: Reseptif + (prediktabilitas-kejutan) + (potensi melodi) + (x1.5 pengulangan ritmis) = earworm!

Masih menurut peneliti dari University of St. Andrews itu, ada 20 lagu yang paling bikin kecanduan. Deretan nada mereka punya faktor-faktor yang disebutkan di atas. Berikut adalah lima di antaranya:

1. Queen - 'We Will Rock You'
2. Pharrell Williams - 'Happy'
3. Queen - 'We Are the Champions'
4. The Proclaimers - 'I'm Gonna Be (500 Miles)'
5. The Village People - 'YMCA'

Baca juga: 100 Lagu Slow Rock Barat Terbaik Sepanjang Masa

Related

Music 720625967522439075

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item