Panduan Menata Rumah Mungil agar Asri dan Nyaman

Panduan Menata Rumah Mungil agar Asri dan Nyaman

Naviri.Org - Ada orang yang suka tinggal di rumah besar atau luas, ada pula yang lebih suka rumah kecil atau mungil. Pemilihan rumah besar atau mungil bisa karena selera atau kesukaan, bisa karena kebutuhan (misal hanya tinggal berdua dengan pasangan), bisa karena anggaran (uang yang tersedia tidak cukup untuk membeli rumah yang besar), dan lain-lain.

Di masa sekarang, ada banyak perumahan atau pemukiman yang dibangun dan menawarkan rumah-rumah mungil bagi siapa pun yang membutuhkan. Rata-rata rumah mungil itu dibangun karena menyadari saat ini tanah semakin sempit dan rumah yang berukuran besar memiliki harga mahal yang tidak bisa dijangkau orang kebanyakan. Karenanya pula, saat ini rumah mungil bisa dibilang sudah menjadi tempat hunian banyak orang.

Karena minimnya ruang, terkadang membuat si pemilik malas untuk mengutak-atik perabotan yang ada. Mereka cenderung menggunakan perabotan standar, yang tanpa disadari malah mengurangi estetika bahkan memakan tempat dari ruangan itu sendiri.

Padahal, Anda bisa mengkreasikan rumah dengan beragam perabotan menarik, dan membuatnya tetap terasa luas dan nyaman. Bagaimana caranya?

Ruang tamu

Banyak yang bilang, ruang tamu merupakan cerminan dari seisi rumah. Karena di ruangan inilah, tamu akan melihat bagaimana karakter si pemilik rumah.

Jika memiliki ruang yang cukup sempit untuk dijadikan ruang tamu, Anda bisa mengkreasikannya dengan kombinasi sofa, end table, hanging cabinet, serta karpet motif garis-garis, agar ruang tamu terlihat lebih luas. Tak hanya itu, permainan cermin pun bisa membantu agar ruang tamu terkesan lebih luas.

Kamar tidur

Jika ruang tamu merupakan tempat para tamu untuk menilai karateristik si pemilik rumah, kamar tidur merupakan tempat pribadi yang bisa mencerminkan personaliti pemiliknya.

Berbicara soal kamar tidur, Anda pasti harus merasa nyaman. Soalnya, sebagian besar waktu istirahat akan dihabiskan di ruangan yang satu ini. Untuk membuatnya terasa lebih nyaman walaupun dalam ruang yang sempit, Anda bisa mengkombinasikan furnitur milimalis yang berwarna cerah. Mulai dari bed atau tempat tidur, wardrobe, hingga dressing table, bisa ditata dengan penempatan yang apik, sehingga membuat kamar terkesan lebih luas tapi tetap nyaman.

Dapur

Selain dua ruangan barusan, ruangan yang tak kalah penting adalah dapur. Di ruangan ini, semua proses masak-memasak akan berlangsung.

Terkadang, dapur menjadi ruangan 'anak tiri' dengan luas yang paling kecil. Untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan multifunction table, atau meja mutifungsi yang akan membuat dapur lebih luas, karena tidak terlalu banyak perabotan lain di dalamnya. Tak hanya itu, Anda bisa menggunakan kitchen cabinet sebagai pengganti tempat penyimpanan di lantai, hingga trolley yang dapat dipindah ke mana pun.

Itulah beberapa tips untuk mengkreasikan perabotan agar rumah agar terasa lebih luas dan nyaman.

Baca juga: Manfaat yang Diharap dari Penyeragaman Golongan Listrik

Related

Tips 640001803197673801

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item