Resep Panjang Umur dari Wanita Tertua di Dunia

Resep Panjang Umur dari Wanita Tertua di Dunia

Naviri.Org - Saat ini, rata-rata usia orang sekitar 60 sampai 70-an. Ada banyak orang di sekitar kita yang meninggal dunia ketika usianya 60-an, ada pula yang sampai menginjak usia 70-an. Karenanya, seseorang akan dianggap panjang umur kalau memiliki usia di atas 70 tahun. Misal sampai 80 tahun, atau bahkan 100 tahun. Lebih luar biasa lagi, kalau ada orang yang bisa mencapai usia 100 tahun, dan tetap sehat, dalam arti masih bisa beraktivitas dan bergerak dengan baik.

Adakah orang yang semacam itu? Adakah orang yang mencapai usia 100 tahun lebih, tapi tetap bisa bergerak dan beraktivitas dengan baik? Kalau memang ada, apa resepnya? Tentunya kita juga ingin bisa memiliki usia yang panjang semacam itu, kan?

Emma Morano mungkin bisa dianggap sebagai wanita paling panjang umur di dunia saat ini. Wanita asal Verbania, Italia itu saat ini mencapai usia 117 tahun, dan merupakan wanita terakhir di dunia yang lahir di tahun 1800-an. Morano menyatakan bahwa rahasia umur panjangnya adalah pola makan yang benar dan tidak menikah.

“Saya hanya makan telur, dan sesekali makan kue kering, itu saja,” jelas Morano.

Lalu, dia melanjutkan, dia tidak terlalu banyak makan, karena tak lagi punya gigi untuk mengunyah. Namun, menurut dokter pribadi Morano, meski memiliki gigi dia tidak mengonsumsi banyak makanan.

“Emma hanya makan sedikit sayuran dan buah-buahan. Dia (Emma) tidak terlalu repot soal makanan. Kali pertama aku bertemu dirinya, dia makan tiga telur sehari. Telur mentah pada pagi hari dan omlet untuk sore. Lalu, Emma makan malam dengan daging ayam,” urai Dr Carlo Bava, yang telah menjadi dokter Morano selama 27 tahun.

Selain hobi makan telur, Morano juga pernah menyebutkan kepada The New York Times pada tahun 2015 silam, bahwa menjadi seorang wanita lajang dan mandiri telah membuatnya tidak banyak pikiran sekaligus bahagia.

“Aku dulu pernah menikah, dan aku tidak bahagia. Aku bercerai pada tahun 1938, tetapi saat itu masih sulit untuk bercerai karena belum ada hukumnya di Italia sampai dengan tahun 1970,” jelas Morano.

Usai berpisah dan resmi bercerai, Morano tidak pernah kembali menikah. “Aku tidak mau didominasi oleh siapa pun,” pungkasnya.

Baca juga: Makanan-makanan untuk Panjang Umur

Related

World's Fact 637966001388017761

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item