Skandal Pelecehan Seksual Hollywood yang Bikin Geger

Skandal Pelecehan Seksual Hollywood yang Bikin Geger

Naviri.Org - Pelecehan seksual bisa terjadi di mana-mana, termasuk di Hollywood. Pelecehan seksual juga tidak hanya terbatas pada perbuatan yang dilakukan pria kepada wanita, namun juga bisa dilakukan pria kepada sesama pria. Kenyataan itu mungkin belum jamak dipahami orang, karena selama ini istilah pelecehan seksual seperti identik dengan perlakuan pria kepada wanita.

Kenyataannya, pelecehan seksual bisa terjadi pada pria kepada sesama pria. Pada 12 Oktober 2017, misalnya, James Van Der Beek menuliskan pengakuan di akun Twitternya, “Bokong saya pernah diremas oleh beberapa laki-laki yang lebih tua dan berkuasa. Saya pernah merasa disudutkan dalam percakapan berkonten seksual saat saya muda…”

Pengakuan berani itu dikeluarkannya seiring kampanye #MeToo, sesaat setelah berita pelecehan seksual Weinstein terhadap beberapa selebritas Hollywood dan karyawannya menyebar.

Laporan pelecehan seksual teranyar yang viral di media massa datang dari aktor AS, Anthony Rapp (46). Seperti diwartakan Buzzfeed News, Rapp menyatakan sempat dilecehkan oleh sesama aktor, Kevin Spacey (58), saat ia berusia 14.

Kala itu, Rapp dan Spacey sama-sama terlibat dalam sebuah pertunjukan Broadway. Suatu kali, Spacey mengundang Rapp ke apartemennya saat ia mengadakan pesta. Di pengujung malam, pemeran serial House of Card tersebut memboyong Rapp ke tempat tidurnya dan mulai menggerayanginya.

Kejadian ini meninggalkan trauma dalam diri Rapp sehingga ia memilih tak berbicara lagi kepada Spacey. Seiring waktu, karier Spacey kian menanjak, begitu pula dengan frustrasi dan kemarahan Rapp. Puncaknya ialah saat Rapp menonton Tony Awards Juni 2017 lalu, di mana Spacey menjadi pembawa acaranya. Ketakutan kembali menyelimuti Rapp hingga akhirnya ia memberanikan diri membeberkan pengalaman buruknya dengan Spacey pada 1986.

Sudah lebih dari tiga dasawarsa sejak pelecehan terhadap Rapp terjadi. Karenanya, Spacey mengaku tidak mengingat persis kejadian tersebut saat media memberitakan perilaku tidak menyenangkannya kepada Rapp. “Bila saya memang melakukan apa yang diceritakannya, saya meminta maaf secara tulus atas tindakan tidak pantas yang saya lakukan dalam kondisi mabuk,” tulis Spacey di Twitternya.

Sederet konsekuensi negatif mau tak mau harus ditelan Spacey. Menyusul pengakuan Rapp, The Telegraph melaporkan bahwa Netflix, portal streaming yang menyiarkan House of Cards, membatalkan penayangan musim terbaru serial tersebut.

Tidak hanya itu, International TV Awards yang mulanya hendak memberikan penghargaan International Emmy Founders Award kepada Spacey bulan November ini juga membatalkan rencana mereka. Satu per satu, kasus pelecehan Spacey lainnya mencuat di media massa, memperburuk citra aktor yang pernah meraih Oscar lewat film American Beauty tersebut. 

Baca juga: Memahami Pelecehan Seksual yang Dialami Kaum Pria

Related

Insight 2452675957493174394

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item