10 Orang Terkaya di Indonesia Saat Ini

10 Orang Terkaya di Indonesia Saat ini

Naviri.Org - Sebagian orang kadang mengatakan dengan nada bijak, “Uang tidak bisa membeli kebahagiaan.” Mungkin memang benar. Tetapi, bagaimana pun, uang bisa membantu kita untuk melakukan banyak hal, dan itu tentu saja ikut menunjang kebahagiaan. Lebih dari itu, uang memampukan pemiliknya untuk mendapatkan hal-hal yang membuatnya bahagia.

Terlepas dari hal itu, kehidupan memang selalu diisi orang kaya dan orang miskin. Sebagian orang menikmati kekayaan, sebagian lain berkubang dalam kemiskinan. Terkait orang-orang kaya, Forbes selalu merilis daftar orang terkaya di berbagai negara, setiap tahun. Rilis Forbes itu biasanya menarik perhatian banyak orang—bukti kalau orang memang selalu tertarik pada uang dan kekayaan.

Tahun 2017 ini pun Forbes kembali merilis daftar orang-orang terkaya di dunia, termasuk di Indonesia. Terkait Indonesia, selama sembilan tahun berturut-turut, keluarga Hartono menempati posisi teratas dengan jumlah kekayaan mencapai 32,3 miliar dollar AS.

Harta kekayaan sembilan dari 10 orang paling kaya di Indonesia naik setidaknya 10 persen sepanjang tahun lalu. Ini sebagian berkat kenaikan harga saham mereka.

Secara umum, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia pun tumbuh 17 persen sepanjang periode tersebut. Total kekayaan 50 orang terkaya Indonesia kini mencapai 126 miliar dollar AS, naik dari 99 miliar dollar AS pada tahun lalu.

Faktor lain yang mendorong peningkatan valuasi para konglomerat adalah terkuaknya jumlah kekayaan mereka, setelah ikut serta dalam program amnesti pajak tahun lalu. Amnesti pajak memberi kesempatan bagi para taipan dalam negeri untuk mengakui aset mereka yang selama ini disembunyikan, dengan membayar denda dalam jumlah relatif kecil.

Hal tersebut menghantarkan posisi Presiden Komisioner Mayora Group, Jogi Hendra Atmadja, meroket 25 peringkat ke posisi nomor 10 dengan jumlah kekayaan 2,7 miliar dollar AS. Tahun lalu, kekayaan Jogi tercatat sebesar 850 juta dollar AS.

Berikut ini adalah 10 orang terkaya di Indonesia tahun ini versi Forbes.

1. Robert Budi dan Michael Hartono (Djarum, 32,3 miliar dollar AS)

2. Eka Tjipta Widjaja (Sinarmas Group, 9,1 miliar dollar AS)

3. Susilo Wonowidjojo (Gudang Garam, 8,8 miliar dolalr AS)

4. Anthoni Salim (Indofood, 6,9 miliar dollar AS)

5. Sri Prakash Lohia (Indorama, 6,4 miliar dollar AS)

6. Boenjamin Setiawan (Kalbe Farma, 3,65 miliar dollar AS)

7. Chairul Tanjung (CT Corp, 3,6 miliar dollar AS)

8. Tahir (Mayapada Group, 3,5 miliar dollar AS)

9. Mochtar Riady (Lippo Group, 3 miliar dollar AS)

10. Jogi Hendra Atmadja (Mayora Group, 2,7 miliar dollar AS)

Baca juga: Tips Agar Bisnis Digital Anda Mendapatkan Investor

Related

News 1813819492651566276

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item