Upaya Menciptakan Plastik yang Bisa Dimakan

 Upaya Menciptakan Plastik yang Bisa Dimakan

Naviri.Org - Ketika menjadi sampah, plastik akan membutuhkan waktu lama untuk terurai. Dibutuhkan sampai puluhan tahun bahkan seratusan tahun agar sampah dan limbah plastik bisa terurai. Padahal, sampah plastik terus bertambah setiap hari bahkan setiap menit, karena digunakan di mana-mana. Negara mana pun menggunakan plastik. Membeli apa pun membutuhkan plastik.

Karena semua lini kehidupan nyaris tak bisa dilepaskan dari plastik, berbagai upaya pun dilakukan untuk dapat mengurangi konsumsi plastik, agar sampah plastik tidak terus menumpuk. Dalam hal itu, beberapa kalangan mulai memikirkan dan menciptakan aneka temuan yang ditujukan untuk menggantikan plastik. Salah satunya adalah edible plastic, atau plastik yang mudah terurai bahkan bisa dimakan. Contohnya plastik-plastik pembungkus makanan yang terbuat dari lemak hewan atau saripati umbi-umbian.

Indonesia juga memiliki konsep edible plastic semacam itu. Adalah David Christian, pencetus gelas Evoware, gelas yang dapat dimakan karena terbuat dari ganggang laut.

Evoware berdiri secara resmi pada April 2016 lalu, tapi sudah mampu merebut pangsa pasar foodtech khususnya di Jakarta. Per bulannya, David harus menyediakan sekitar 700-800 buah gelas Evoware untuk memenuhi pesanan konsumennya. Bahkan di Desember ini produksinya sudah menembus angka 1.000 buah.

David tercetus membuat produk yang eco friendly, dan dipilihlah gelas. Gelas warna-warni berbahan jelly yang lucu ini dipilih bukan tanpa pertimbangan. Menurutnya, karena kesadaran lingkungan masyarakat Indonesia yang masih rendah, maka harus dibuat produk yang fungsional sebagai awal perkenalan. Baru kemudian setelah tahu dan membeli, edukasi mengenai eco friendly dilakukannya.

Memasuki Januari 2016, David mulai melakukan pengembangan produk dibantu oleh tim risetnya, yang saat itu baru terdiri dari satu orang saja. "Tapi teman saya ini memang sudah berpengalaman di bidang foodtech,” ujarnya.

Saat pertama kali diluncurkan, Evoware hanya mampu menjual produk sebanyak 400 buah, itu pun hanya dalam skala bazar saja. Bukan tak ada yang memesan, namun kemampuan produksi tim Evoware David belumlah mencukupi. Hal itu berlangsung hingga Mei 2016. Selanjutnya, kapasitas Evoware berkembang dan kini sudah bekerja sama dengan beberapa kafe seperti Samurai Coffee.

Produk yang sering disebutnya sebagai produk mikan, alias bisa diminum dan dimakan ini dibuat dari rumput laut berbentuk bubuk. Setelah diberi formulasi khusus maka bentuknya akan mengeras dan dijamin tak akan bocor meskipun digunakan untuk wadah air panas. Hanya saja, mungkin rasa airnya akan berubah karena tercampur oleh jelly.

Semua bahan yang digunakan pada gelas Evoware ini alami, dan tak menggunakan gelatin atau pelapis hewani, sehingga menurut David bisa dijamin kehalalan dan keamanannya.

Bagi Anda yang sedang diet, mungkin cocok juga memesan gelas ini, karena Evoware kaya akan serat. Jangan khawatir jika konsumsi gelas tak habis, Anda cukup meletakkannya pada pot-pot tanaman di rumah dan gelas ini akan terurai menjadi pupuk.

Sayangnya, gelas Evoware baru bisa dipesan untuk warga Jakarta saja, sebab komponennya yang sama sekali tak memakai pengawet tidak memungkinkan pengiriman ke luar kota. "Harus berada di temperatur dingin, itu yang masih kita kembangkan juga," kata David.

Evoware bisa tahan selama tujuh hari di dalam lemari pendingin, dan hanya tiga hari jika diletakkan di luar ruangan. Untuk mendapatkannya, Anda perlu merogoh kocek Rp100 ribu untuk mendapatkan lima gelas.

David masih terus melakukan pengembangan-pengembangan produk. Seperti membuat harganya lebih efisien, dan bentuk yang semakin beragam untuk menarik konsumen anak-anak. Rencananya, Evoware juga akan hadir dalam bentuk selain gelas.

Terobosan seperti David ini mungkin menjadi salah satu solusi untuk mengatasi penggunaan plastik. Meski belum masif dan skalanya masih terbatas, tetapi temuan ini penting sebagai langkah awal untuk meredam bertambahnya gunungan sampah plastik.

Baca juga: Fakta dan Masalah Sampah Plastik di Indonesia

Related

News 3701226873536335165

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item