Cara Unik Bos Amazon Menegur Para Karyawannya

Cara Unik Bos Amazon Menegur Para Karyawannya

Naviri.Org - Dalam keadaan atau karena hal-hal tertentu, pemimpin perusahaan kadang menegur para bawahannya, dan bentuk teguran itu bisa bermacam-macam. Bisa berupa pertanyaan, atau semacamnya. Tujuan teguran itu tentu terkait dalam upaya melayani pelanggan atau perbaikan kinerja perusahaan.

Dalam hal itu, Jeff Bezos, CEO Amazon, punya cara yang bisa dibilang unik dalam menegur karyawannya. Ia kerap mengirimkan e-mail pada eksekutifnya, hanya berisi satu karakter yakni tanda tanya (?). Ketika para eksekutif perusahaan mendapat e-mail yang hanya satu karakter ini, mereka tahu bahwa Bezos sedang memberi "teguran" karena ada pelanggan yang mengeluh atas pelayanan yang diberikan Amazon.

"Saya masih punya alamat e-mail yang dapat dihubungi oleh pelanggan. Meskipun saya tidak membalasnya, tapi saya membacanya," ungkap Jeff Bezos, dikutip dari Bussiness Insider.

Ia melanjutkan, e-mail ini sebagian besar memang berisi keluhan-keluhan dari para pelanggan. Keluhan itu akan ia teruskan pada eksekutif yang bersangkutan disertai dengan karakter tanda tanya.

"Saya membaca sebagian besar e-mail itu, dan meneruskannya pada para eksekutif yang bertanggung jawab di ranah tersebut dengan satu tanda tanya. Tanda ini artinya adalah 'bisakah Anda memeriksanya?' atau 'mengapa ini terjadi?'," lanjut Bezos.

Para petinggi itu biasanya kemudian meneruskan e-mail ini pada para manager untuk segera diinvestigasi. Bagi para karyawan Amazon, mendapat e-mail satu karakter ini sudah menjadi hal umum dalam lingkup perusahaan. Alamat e-mail Jeff Bezos sendiri sudah umum dan diketahui publik.

Maka tak jarang ketika terkendala sebuah masalah, konsumen langsung mengadukannya pada Bezos lewat e-mail jeff@amazon.com ini. Meski bisa dibilang jalur laporan ini tak sesuai prosedur, Bezos tetap ingin mempertahankan dan terus menggunakan alamat e-mail tersebut.

Menurutnya, ini menjadi salah satu jalan agar ia tetap dekat dengan para konsumen. Bahkan tak jarang keluhan-keluhan ini justru menjadi ide untuk Amazon dalam mengembangkan layanannya. Ia pun berujar bahwa kepuasan pelanggan harus dijaga sebaik mungkin agar tetap bisa bersaing dengan para kompetitor.

"Jika Anda selalu terobsesi oleh para pesaing, maka Anda akan sulit termotivasi ketika Anda berada paling depan. Pelanggan selalu menginginkan lebih dan tak pernah puas. Jadi tidak peduli seberapa jauh Anda di depan pesaing, posisi Anda tetap berada di belakang pelanggan Anda," ungkap dia.

Baca juga: Elon Musk Tidak Akan Digaji Selama 10 Tahun

Related

News 5007175046884319884

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item