Makanan dan Minuman Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Naviri.Org - Mengonsumsi makanan tidak hanya bertujuan mengganjal perut yang kenyang, tetapi juga untuk menunjang kesehatan. Karenanya, ketika memilih makanan untuk dimakan, seharusnya kita perlu memikirkan apakah makanan itu hanya mengenyangkan atau juga mendukung kesehatan kita. Sebab, makanan yang membuat kenyang belum tentu menyehatkan. Apalagi, di zaman sekarang, banyak makanan yang rasanya enak dan berpenampilan menarik, tapi ternyata tidak sehat.

Kenyataannya, memilih makanan yang bergizi dan mengandung berbagai nutrisi untuk tubuh memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena berbagai jenis makanan yang kita konsumsi biasanya mengandung nutrisi yang baik untuk salah satu organ tubuh saja. Berikut ini makanan-makanan yang dianggap terbaik untuk kesehatan tubuh, karena mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk semua organ penting tubuh.

Buah-buahan

Berbagai jenis buah-buahan sangat baik untuk menutrisi tubuh Anda. Buah-buahan merupakan sumber serat dan vitamin C yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat dan bugar sepanjang hari.

Ikan-ikanan

Selain buah-buahan, aneka jenis ikan seperti tuna atau sarden juga baik dalam mendukung kesehatan tubuh, karena banyak mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 berfungsi untuk menjaga kesehatan organ jantung Anda.
   
Sayuran hijau

Sayuran hijau, khususnya bayam, adalah makanan yang sangat penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh organ otak. Bayam mengandung vitamin B9 yang berperan dalam meningkatkan kemampuan memori, yang berhubungan dengan kecerdasan otak.
   
Wortel

Untuk menjaga kesehatan mata agar senantiasa optimal, wortel sangat baik dikonsumsi. Wortel merupakan sumber vitamin A serta betakaroten yang berperan mencukupi kebutuhan nutrisi, sehingga organ mata senantiasa sehat.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu makanan yang mengandung sumber serat sangat tinggi. Alpukat bisa rutin dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya ginjal, agar selalu sehat.
   
Sawi hijau

Jika alpukat mendukung kesehatan ginjal, sawi hijau adalah sayur-sayuran yang mendukung kesehatan hati agar selalu dapat berfungsi optimal. Makanan lain yang juga sangat baik untuk menutrisi organ hati adalah bawang merah serta bawang putih, kubis, kedelai, dan anggur merah.
   
Cokelat hitam

Cokelat hitam, atau dark chocholate, adalah makanan yang sangat baik untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Kalau Anda kebetulan khawatir dengan naik turunnya tekanan darah, Anda bisa mulai rutin mengonsumsi cokelat hitam.
   
Delima

Delima memiliki peran besar dalam membantu mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan sinar ultraviolet. Selain itu, delima juga bisa membantu menangkal serangan dari berbagai jenis kanker yang dapat membahayakan tubuh.

Selain makanan, ada minuman-minuman tertentu yang juga baik dalam menjaga dan mendukung kesehatan tubuh. Kenyataannya, kita memang membutuhkan minum, khususnya setelah makan. Meminum air putih setelah makan akan membantu melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh. Selain itu, meminum air putih juga menghilangkan haus, serta membantu menyehatkan tubuh.

Selain disarankan meminum air putih setiap hari untuk menjaga kesehatan, berikut ini beberapa minuman lain yang juga sangat baik untuk mendukung kesehatan.

Teh hijau

Teh hijau adalah minuman yang menandung flavanoid, polifenol, antioksidan, dan fluoride. Fungsi flavanoid, polifenol, dan antioksidan, adalah melindungi sel-sel tubuh dari karsinogen (zat penyebab penyakit kanker) serta menghambat pertumbuhan tumor. Sedangkan kandungan fluoride dalam teh hijau berfungsi memperkuat gigi dan mencegah kerusakan pada gigi.

Air kelapa

Air kelapa mengandung kalium, kalsium, natrium, belerang, fosfor, dan klorida, yang merupakan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Air kelapa juga membantu memperlancar pengeluaran air seni, serta mampu mengatasi diare.

Sup

Sup juga merupakan minuman yang menyehatkan tubuh, karena mengandung vitamin komplit, mineral, juga salah satu pembangkit energi tubuh kita.

Jus lemon

Segelas jus lemon mengandung berbagai vitamin dan antioksidan yang dapat menyegarkan tubuh yang capek atau lelah.
   
Susu kedelai

Susu kedelai mengandung serat larut dan protein kedelai. Kandungan zat tersebut berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat, serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
   
Cokelat

Cokelat bisa dinikmati sebagai minuman, dalam bentuk cokelat panas atau cokelat hangat. Cokelat memiliki kandungan polifenol tinggi yang dapat menghindarkan Anda dari serangan jantung, juga mampu menenangkan suasana hati jika kebetulan sedang stres atau galau.

Jus tomat

Tomat mengandung antioksidan likopen, yang berfungsi menurunkan risiko penyakit paru, kanker perut, pankreas, usus besar, mulut, payudara, serta kanker serviks. Menikmati jus tomat tidak hanya menyegarkan, tapi juga menyehatkan.

Baca juga: Makanan-makanan untuk Sehat dan Langsing

Related

Health 3690485306982649773

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item