Tips Makanan Sehat untuk Lansia

  Tips Makanan Sehat untuk Lansia

Naviri.Org - Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia akan berubah dan mengalami banyak penurunan fungsi. Dalam contoh yang mudah, orang lansia kadang telah kehilangan banyak gigi, sehingga tidak lagi mampu memakan makanan-makanan keras sebagaimana saat masih muda dulu. Begitu pula dengan organ tubuh lain, semisal organ pencernaan.

Karenanya, orang lanjut usia membutuhkan makanan yang berbeda dengan orang muda. Selain kemampuan organ pencernaan yang mulai berubah, kebutuhan nutrisi pun berubah, karena sejumlah potensi penyakit dengan mudah datang di masa tua.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menu makanan bagi lansia, agar kesehatan bisa lebih terjaga. Jika Anda termasuk lansia, atau kebetulan merawat orangtua yang kini lansia, tip berikut ini bisa diingat.

Buatlah makanan dengan bumbu yang tidak merangsang, seperti pedas atau asam, karena dapat mengganggu kesehatan lambung dan alat pencernaan.

Kurangi pemakaian garam, yaitu tidak lebih dari 4 gram per hari, untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Kurangi santan, daging berlemak, dan minyak, agar kolesterol darah tidak tinggi. Sebaliknya, perbanyaklah makanan yang berkalsium tinggi, seperti susu dan ikan. Orang lanjut usia, khususnya ibu-ibu yang menopause, sangat perlu mengonsumsi kalsium untuk mengurangi risiko keropos tulang.

Perbanyak makanan berserat, seperti sayuran mentah, agar pencernaan lancar dan tidak sembelit.

Kurangi konsumsi gula dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, agar gula darah normal, khususnya bagi penderita kencing manis agar tidak terjadi komplikasi lain.

Gunakan sedikit minyak untuk menumis, dan kurangi makanan yang digoreng. Sebaliknya, perbanyak makanan yang diolah dengan dipanggang atau direbus, karena lebih mudah dicerna.

Buatlah makanan yang lunak dan mudah dikunyah, sehingga kesehatan gigi lebih terjaga.

Baca juga: Tips Memilih Camilan Sehat di Supermarket

Related

Health 5148418295870648274

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item