Makanan-makanan untuk Menunjang Kesehatan Anak

 Makanan-makanan untuk Menunjang Kesehatan Anak

Naviri.Org - Sebagaimana pada orang dewasa, tubuh anak-anak juga membutuhkan asupan bergizi untuk menunjang kesehatannya. Untuk itu, orangtua tentu harus memperhatikan makanan-makanan yang diberikan, agar anak dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik, serta dapat menjauh dari kemungkinan terkena penyakit.

Ada beberapa makanan yang sangat dianjurkan untuk diberikan kepada anak, karena dapat membantu tumbuh kembang mereka. Makanan-makanan berikut ini bahkan dianggap sebagai makanan super bagi anak, karena memiliki berbagai kandungan manfaat. 

Umumnya, anak-anak tidak menyukai beberapa jenis makanan. Karenanya, meski makanan-makanan berikut ini sangat baik untuk tubuh mereka, bisa jadi anak-anak akan menolaknya dengan berbagai alasan. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menyiasatinya dengan menyajikan aneka makanan berikut ini dalam bentuk yang disukai anak-anak.

Bluberi

Memberikan bluberi pada paket makan siang atau camilan anak sangat baik untuk menunjang kesehatan mereka. Bluberi mengandung antioksidan, yang mampu mencegah kanker dan berbagai jenis penyakit lain. Selain baik untuk anak, Anda sendiri juga bisa mengonsumsinya untuk menu diet harian Anda.

Ubi jalar

Ubi jalar tidak hanya diperuntukkan bagi orang tua, karena juga baik diberikan kepada anak-anak. Ubi jalar mengandung betakaroten, vitamin E, vitamin B6, kalium, dan zat besi, yang sangat dibutuhkan tubuh.

Selai kacang

Agar anak-anak menyukainya, Anda bisa membuat selai kacang sendiri untuk konsumsi keluarga. Anda bisa memilih kacang almond, mete, maupun kacang kedelai, sebagai bahan dasarnya.

Alpukat

Sebagian besar anak-anak menyukai buah satu ini, karena enak. Anda bisa rutin memberikan alpukat untuk anak-anak Anda. Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh, yang juga bisa ditemukan pada ikan dan kacang. Lemak tak jenuh baik bagi pertumbuhan anak.

Brokoli

Brokoli mengandung vitamin dan mineral yang membantu tubuh mencegah kerusakan sel, serta bagus dalam menunjang indra penglihatan. Brokoli sebaiknya dimakan dalam keadaan mentah atau segar, sehingga kandungan nutrisinya masih utuh.

Yoghurt

Mengenalkan yoghurt kepada anak-anak sejak dini, dan memasukkannya ke dalam menu makanan ringan anak Anda juga baik dilakukan. Yoghurt mengandung kalsium, protein, vitamin B, zinc, juga fosfor.

Tuna dan salmon

Tuna dan salmon adalah jenis ikan yang dianggap lebih bagus dibanding jenis ikan lainnya, khususnya untuk anak-anak. Anda bisa menyajikan tuna atau salmon dengan berbagai pilihan menu masakan. Tuna dan salmon kaya omega-3 yang membantu perkembangan otak, dan baik untuk kesehatan hati.

Baca juga: Makanan-makanan Bergizi yang Dibutuhkan Anak

Related

Parenting 3631950286099877828

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item