5 Makanan Ini Sebenarnya Mengandung Gula Sangat Banyak

5 Makanan Ini Sebenarnya Mengandung Gula Sangat Banyak

Naviri.Org - Terlalu banyak mengasup makanan yang mengandung gula tidak hanya berisiko tubuh makin melar, tapi juga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Para pakar dari Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan agar wanita dewasa membatasi asupan gula tambahan tidak lebih dari enam sendok teh setiap hari, sementara untuk pria dewasa tidak lebih dari sembilan sendok teh setiap hari.

Berkaitan dengan gula, selama ini donat sering kali dituduh sebagai makanan “biang gula” karena rasanya yang enak dan manis. Karenanya, banyak orang yang sengaja menjauhi donat dengan tujuan menghindari makanan-makanan manis. Padahal, ada beberapa makanan atau minuman lain yang kandungan gulanya bisa dibilang tidak kalah dibanding donat. Namun, karena makanan atau minuman tersebut terasa tidak manis, kita pun menyangkanya tidak mengandung banyak gula.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang rasanya mungkin tidak manis, namun mengandung gula tinggi.

Java chip frapuccino

Java chip frapuccino mungkin tidak terlalu manis. Namun, segelas minuman ini yang kita nikmati di gerai kopi ternyata mengandung gula cukup tinggi, sampai 66 gram.

Yoghurt bebas lemak

Yoghurt kemasan kadang ditempeli label “bebas lemak”. Namun itu tidak menjamin kandungan gula di dalamnya tergolong rendah. Kenyataannya, untuk kemasan yoghurt 6 ons mengandung gula hingga 27 gram.

Buah kalengan

Buah kalengan adalah makanan kemasan yang dihasilkan dari buah dan sirup. Makanan itu merupakan sumber gula tambahan yang perlu diwaspadai. Kandungan gula dalam buah kalengan bisa mencapai 23 gram dalam setengah kaleng. Jauh lebih baik jika kita memilih buah segar.

Makanan kalengan

Tak jauh beda dengan buah kalengan, makanan kaleng juga terlihat praktis dan mudah dinikmati. Namun, kita perlu memperhatikan kandungan gula di dalamnya. Sebagai contoh, dalam setengah kaleng produk kacang panggang bisa terkandung 14 gram gula.

Sebatang oat and honey granola

Sebagian orang menyukai produk camilan batangan seperti oat and honey granola bar untuk camilan di kala lapar. Jika Anda termasuk yang menyukai jenis makanan tersebut, pilihlah yang kandungan gulanya paling sedikit. Dalam sajian dua batang camilan itu umumnya terkandung 12 gram gula.

Related

Health 5855317530742668025

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item