Di Zimbabwe, Karyawan Digaji 3 Juta Triliun Per Bulan

Di Zimbabwe, Karyawan Digaji 3 Juta Triliun Per Bulan

Naviri.Org - Ingin mendapatkan gaji 3 juta triliun per bulan? Mudah, datang saja ke Zimbabwe. Di negara yang berada di kawasan Afrika tersebut, para karyawan bisa mendapatkan gaji sebesar 3 juta triliun per bulan. Tetapi jangan buru-buru tergiur dengan jumlah yang sangat besar itu. Karena, bahkan orang yang memiliki gaji 3 juta triliun per bulan pun hanya mampu hidup sederhana di sana. Karena nilai mata uang di sana (dollar Zimbabwe) sangat rendah.

Sebagai gambaran, 1 dolar US setara dengan 35 triliun dollar Zimbabwe. Jika ditulis dengan angka lengkap, maka US$1 sama dengan 35.000.000.000.000.000 dollar Zimbabwe. Sedangkan untuk mata uang Zimbabwe kuno, US$1 sama dengan 250.000 triliun.

Zimbabwe mengalami krisis ekonomi parah, yang dimulai sejak 2008. Pada saat terjadi inflasi gila-gilaan di sana, Bank Sentral Zimbabwe bahkan pernah mencetak uang kertas pecahan senilai 100 triliun. Itu angka yang sangat besar. Sayangnya, uang dengan angka yang sangat besar itu hanya cukup untuk makan tiga hari!

Karena kondisi dan latar belakang semacam itulah, para pekerja atau karyawan di Zimbabwe bisa mendapatkan gaji yang angkanya gila-gilaan. Rata-rata, para pekerja di Zimbabwe mendapatkan gaji bulanan dalam angka triliun. Karenanya, para penduduk di negara itu sudah sangat biasa dengan jumlah triliun, bahkan rata-rata mereka memiliki uang dalam jumlah triliun. Sayangnya, seperti yang disebut tadi, nilainya sangat rendah. Hingga uang sejumlah triliunan pun tak berarti apa-apa.

Dalam satu bulan, rata-rata penduduk Zimbabwe mendapatkan gaji US$86 atau sekitar 3 juta triliun dollar Zimbabwe. Jika dirupiahkan, kira-kira sekitar Rp1,3 juta per bulan.

Related

World's Fact 1930621798564411008

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item