Gizi Dalam Makanan yang Sehat dan Seimbang

 Gizi Dalam Makanan yang Sehat dan Seimbang

Naviri.Org - Apa yang disebut makanan sehat dan seimbang? Makanan sehat dan seimbang adalah makanan-makanan yang memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Hal itu penting, karena kebutuhan asupan gizi setiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, usia, aktivitas keseharian, dan lainnya.

Makanan sehat dan seimbang adalah makanan yang memiliki kandungan zat gizi yang meliputi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, lemak, serta serat. Berikut ini uraiannya.

Karbohidrat

Dalam tubuh, karbohidrat berfungsi sebagai penopang sumber tenaga utama untuk kegiatan sehari-hari. Zat karbohidrat terdapat pada beberapa makanan, di antaranya dalam tepung-tepungan, misalnya nasi, kentang, mie, ubi, singkong, dan lainnya. Bila kekurangan zat karbohidrat, maka tubuh akan terasa lebih cepat lelah karena kekurangan tenaga yang dibutuhkan.

Selain pada tepung-tepungan, karbohidrat juga terdapat pada gula, semisal gula pasir, gula merah, gula batu, madu, dan kue manis. Namun, yang perlu diwaspadai, pola konsumsi gula perlu dibatasi, karena gula tidak memiliki kandungan zat gizi lain kecuali karbohidrat. Karenanya, kebanyakan gula bisa mengakibatkan kegemukan pada tubuh.

Lemak

Tak jauh beda dengan karbohidrat, lemak juga berfungsi sebagai sumber tenaga. Namun, karena sifat dan bentuknya, lemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat diserap oleh tubuh.

Dalam tubuh, lemak merupakan zat yang bersifat sebagai cadangan energi. Meski begitu, lemak yang berlebihan dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Lemak terdapat pada minyak, margarin, santan, kulit ayam, kulit bebek, dan lemak hewan lainnya.

Protein

Jika karbohidrat dan lemak lebih berfungi sebagai sumber tenaga, protein berfungsi dalam hal pertumbuhan dan mengganti jaringan yang rusak pada tubuh. Karenanya, sebagaimana karbohidrat dan lemak, protein juga sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Protein bisa diperoleh melalui ikan, ayam, daging, telur, susu, tahu, tempe, serta kacang-kacangan.

Vitamin dan mineral

Jika tubuh diumpamakan dengan kendaraan, maka vitamin dan mineral berfungsi sebagai semacam minyak pelumas, sehingga mesin bisa bekerja dengan lebih baik. Dalam tubuh, vitamin dan mineral membantu melancarkan kinerja organ dalam kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Vitamin dan mineral banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan.

Serat

Serat memiliki banyak fungsi bagi tubuh, di antaranya membantu menurunkan glukosa darah, membantu menurunkan lemak darah, melancarkan buang air besar, dan membuat perut terasa lebih kenyang. Serat terdapat pada berbagai makanan, di antaranya roti gandum, buah, sayuran segar, kacang-kacangan, tahu, tempe, dan lainnya.

Related

Health 5093494861827399163

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item