Mengatasi Lecet pada Puting Susu pada Ibu Menyusui

 Mengatasi Lecet pada Puting Susu pada Ibu Menyusui

Naviri.Org - Puting susu yang lecet ini biasanya terjadi pada wanita yang memiliki anak kecil yang baru tumbuh giginya. Saat menyusu, biasanya si anak akan menggigit-gigit puting payudara ibunya hingga menyebabkan lecet-lecet pada bagian puting payudara.

Selain menyebabkan rasa sakit, masalah puting susu yang lecet ini tentu saja juga akan mengganggu keindahan bentuk payudara. Untuk mengatasinya, gunakan saja resep-resep berikut ini.

Resep 1

Bahan-bahan:
1 buah umbi bawang merah yang masih segar
1 sendok makan minyak kelapa

Cara membuat:
Bawang merah ditumbuk sampai halus, lalu bubuhkan minyak kelapa. Campurkan hingga menyatu, lalu hangatkan kedua ramuan tadi dengan cara memanggangnya beberapa saat di atas lilin yang menyala.

Cara menggunakan:
Oleskan ramuan tersebut dalam keadaan hangat-hangat kuku pada puting susu yang lecet dan pada bagian sekitarnya, setiap kali selesai menyusui bayi. Jangan lupa untuk membersihkannya dengan menggunakan air hangat, hingga benar-benar bersih setiap kali Anda akan menyusui bayi. Lakukan secara telaten, hingga lecet-lecet pada puting susu itu lenyap atau sembuh.

Resep 2

Bahan-bahan:
1 butir bawang merah

Cara membuat:
Kupaslah kulit bawang, lalu panggang di atas api sampai menjadi hangat-hangat kuku.

Cara menggunakan:
Selagi masih hangat, usap-usapkanlah bawang merah itu pada bagian puting susu yang lecet.


Mengatasi payudara yang bengkak

Ini biasanya terjadi karena menyusui bayi, atau juga karena hubungan seksual dengan suami yang kebetulan terlalu bernafsu. Namun Anda tak perlu cemas kalau kebetulan mengalami hal semacam itu karena resep berikut ini akan membantu memulihkannya.

Bahan-bahan:
1 buah kepala bunga matahari
Arak putih secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat:
Kepala bunga matahari dibuang biji-bijinya, dan kemudian dipotong-potong halus. Lalu dijemur di bawah terik matahari sampai menjadi kering. Setelah itu disangrai (digoreng tanpa minyak) sampai menjadi hangus, kemudian ditumbuk sampai menjadi lembut. Untuk pemakaiannya, ambillah 10 gram bubuk bunga matahari tersebut, lalu campurkan dengan arak putih dan air hangat secukupnya.

Cara menggunakan:
Minumlah ramuan tersebut tiga kali sehari, selama beberapa hari. Setelah meminum ramuan ini untuk pertama kali, segeralah menutupi badan dengan selimut yang rapat agar keringat bisa keluar dari tubuh.

Related

Parenting 5433106221137680557

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item