Resep Alami Mengatasi Panas Badan

Resep Alami Mengatasi Panas Badan

Naviri.Org - Badan yang terasa panas (suhunya melebihi ukuran normal yang 37 derajat Celcius) bisa disebabkan karena beberapa hal, di antaranya bisa sebagai dampak atau pengaruh berbagai penyakit.

Nah, untuk menurunkan panas badan tersebut, Anda bisa menggunakan resep berikut untuk mengatasinya.

Siapkan satu buah jeruk nipis, dua sendok makan madu murni, dan satu butir telur ayam kampung. Jeruk nipis diperas dan diambil airnya, sedangkan telur ayam kampung diambil bagian kuningnya saja.

Semua bahan tersebut kemudian dicampur menjadi satu, lalu tambahkan air panas sebanyak satu gelas. Aduk hingga merata, kemudian minumkan pada penderita. Untuk dewasa, ramuan tersebut dapat diminum sekaligus sampai habis, sedang untuk anak-anak dapat diminum dua kali (setengah gelas tiap kali minum).

Selain resep di atas, Anda bisa pula menggunakan resep berikut ini.

Kompreslah kepala penderita dengan menggunakan air dingin atau es. Caranya, ambillah secarik kain yang lunak, kemudian celupkan ke dalam air dan letakkan kain tersebut pada dahi si penderita.


Resep alami mengatasi panu

Di dalam bahasa ilmiah, panu disebut pityriaris versicolor. Penyakit panu ini banyak diderita oleh penduduk yang kurang memiliki pengetahuan atas kebersihan dan kesehatan. Penyakit ini disebabkan oleh semacam parasit kapang atau cendawan yang disebut microsop furfur. Panu termasuk jenis penyakit yang menular.

Meski mungkin bukan tergolong penyakit berat, tetapi panu sering menjadi sumber masalah bagi penderitanya. Karenanya, untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan resep berikut ini.

Siapkan daun kemangi sebanyak satu genggam, lalu cucilah hingga bersih dan kemudian ditumbuk. Beri sedikit air kapur, lalu gunakanlah untuk menggosok bagian kulit yang terserang panu. Lakukan minimal dua kali dalam sehari—lebih sering akan lebih baik, karena akan cepat sembuh.

Selain cara di atas, ada resep lain yang dapat Anda pilih. Caranya, siapkan belimbing wuluh sebanyak 10 buah, lalu dicuci dan digiling hingga halus. Beri kapur sirih sebesar biji asam, dan remaslah perlahan-lahan. Gunakan bahan tersebut untuk menggosok kulit yang terkena panu, dua sampai tiga kali sehari.

Related

Health 4904674504181933401

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item