Aneka Manfaat Jambu Bol untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Jambu Bol untuk Kesehatan

Naviri.Org - Tidak pernah jelas mengapa buah satu ini terkenal dengan nama jambu bol. Yang jelas, bahasa ilmiah buah ini adalah Syzygium malaccense, yang berarti “berasal dari Malaka”, merujuk pada salah satu wilayah asal usulnya. Sebenarnya, asal usul buah ini juga tidak diketahui pasti, meski diketahui telah ditanam luas sejak lama di Semenanjung Malaya, Sumatera, dan Jawa. Karena manfaatnya, jambu bol juga ditanam di banyak negara tropis, termasuk di negara-negara Karibia seperti Jamaika, juga Trinidad dan Tobago.

Dalam bahasa Inggris, jambu bol disebut Malay apple. Sementara di Indonesia, beberapa wilayah juga memiliki nama sendiri dalam menyebut jambu bol. Di Minangkabau, misalnya, jambu bol disebut jambu jambak. Di Sunda, disebut jambu bool. Di Bali, disebut nyambu bol. Di Makassar, disebut jambu bolo. Di Bugis, disebut jambu bolu. Di Jawa dan Madura, kadang disebut jambu darsana, dersana, atau tersana. Di Sumatera Selatan, disebut kupa maaimu. Sementara di Maluku, disebut nutune, lutune, lutu kau, atau rutuul.

Bauh jambu bol memiliki daging yang padat, tidak tipis, serta berwarna putih, dan mempunyai rasa yang asam manis hingga manis, juga mengandung sari buah dalam jumlah banyak. Di dalam buah terdapat biji berbentuk bulat, dan memiliki warna kecokelatan.

Pohon jambu bol tidak seberapa tinggi, hanya sekitar 15 meter. Batangnya lurus, bercabang rendah, dan bertajuk rimbun padat sampai membulat, memberi naungan yang berat. Buahnya berbentuk bulat sampai menjorong, dengan garis tengah 5-8 cm, merah tua, kuning keunguan, atau keputihan.

Karena rasa dan aromanya, banyak orang menyukai jambu bol. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan gizi yang bagus dalam menunjang kesehatan. Dalam 100 gram buah jambu bol, terdapat setidaknya kandungan nutrisi berikut ini:
  1. Kalori: 56 kkal
  2. Protein: 0,6 gr
  3. Lemak: 0,3 gr
  4. Karbohidrat: 14,2 gr
  5. Kalsium: 29 mg
  6. Fosfor: 16 mg
  7. Zat besi: 1 mg
  8. Vitamin A: 130 IU
  9. Vitamin B1: 0,02 mg
  10. Vitamin C: 22 mg
Selain buahnya yang bernutrisi, bagian lain pohon jambu bol juga memiliki khasiat dalam membantu menunjang kesehatan, meliputi dahan dan daunnya. Berikut ini daftar manfaat yang bisa diambil dari jambu bol.

Kandungan vitamin C dalam buah jambu bol dapat berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan sel kulit, dan meningkatkan penyerapan zat besi.

Kandungan vitamin C dalam jambu bol juga membantu memelihara kesehatan pembuluh kapiler serta kesehatan gigi dan gusi.

Kandungan vitamin A dalam jambu bol membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga diperlukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, karena vitamin A dapat meningkatkan fungsi sel darah putih sebagai antibodi dan antivirus.

Kandungan serat dalam jambu bol membantu melancarkan pencernaan.

Kandungan vitamin D dalam jambu bol mendukung kesehatan kulit, serta menjauhkan dari penuaan dini.

Kandungan karbohidrat tinggi dalam jambu bol bisa memberi energi bagi tubuh. Mengonsumsi 3 buah jambu bol bisa menggantikan sarapan Anda, khususnya bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Buah jambu bol juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Air seduhan kulit kayu jambu bol bisa membantu meredakan sariawan, sementara bubuk daun keringnya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi luka di lidah.

Air seduhan daun, buah, serta biji jambu bol, bisa dipakai untuk mengatasi demam.

Jus daun muda jambu bol dapat digunakan sebagai pelembap kulit.

Ekstrak kulit kayu pohon jambu bol bisa digunakan untuk mengatasi infeksi tenggorokan, sakit perut, serta masalah lain pada pencernaan.

Akar tanaman jambu bol memiliki manfaat dalam menyembuhkan gatal-gatal.

Related

Health 5503702573143760285

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item