Resep Mudah untuk Langsing dan Sehat

 Resep Mudah untuk Langsing dan Sehat

Naviri.Org - Setiap wanita tentu saja menginginkan untuk dapat memiliki tubuh yang langsing sekaligus juga sehat. Hanya saja, tidak semua orang (wanita) yang dikaruniai dengan tubuh yang langsing selamanya. Apalagi ketika si wanita sudah menikah, hamil dan memiliki anak, maka biasanya lemak pun mulai bertebaran di seluruh penjuru tubuh.

Nah, salah satu cara yang biasanya ditempuh oleh kaum wanita untuk dapat merampingkan tubuhnya adalah dengan cara melakukan diet. Sebenarnya, yang paling penting dari diet bukan hanya menjaga pola makan atau kadar makanan yang dikonsumsi, melainkan kedisiplinan dalam melakukannya. Tanpa adanya kedisiplinan ini, maka diet yang bagaimanapun juga biasanya tidak akan berhasil.

Berikut ini adalah beberapa tips dan saran untuk dapat mengurangi lemak di tubuh agar memperoleh tubuh yang lebih ramping.

Berdisiplin dalam usaha diet

Mendisiplinkan diri, dalam hal ini disiplin dalam diet, memang sesuatu yang sangat sulit. Apalagi jika tidak terbiasa. Namun, apabila Anda benar-benar berniat untuk merampingkan tubuh, maka mulailah dengan menguatkan niat. Tetapkan tujuan dan alasan mengapa Anda ingin melakukan hal ini. Kemudian, jangan ragu apalagi takut untuk memulai.

Terkadang wanita merasa khawatir akan diledek kawan atau pasangannya apabila sedang menjalani diet. Untuk mengatasi hal itu, komunikasikan saja dengan baik. Jika perlu, mintalah dukungan dari orang-orang terdekat Anda untuk membantu atau mendukung Anda dalam hal mendisiplinkan diri.

Rajin dan rutin berolahraga

Jangan pernah merasa malas untuk mengolah tubuh! Ini adalah saran yang selalu dinyatakan untuk tujuan merampingkan tubuh. Dengan berolahraga, selain dapat membantu untuk membakar lemak di tubuh, juga dapat membantu mengencangkan tubuh. Sehingga ketika lemak berkurang, maka tubuh pun tetap kencang dan tidak kendur atau loyo.

Berolahragalah sebanyak tiga sampai lima kali dalam seminggu selama satu jam saja setiap kali berlatih. Ini akan membantu usaha Anda untuk tujuan merampingkan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari olahraga yang dilakukan secara rutin:
  1. Dapat menurunkan risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan lainnya. 
  2. Dapat meningkatkan kualitas hidup, terutama ketika kita memasuki usia lanjut. 
  3. Dapat meredakan stres, depresi, dan juga amarah. 
  4. Dapat meredakan nyeri punggung, nyeri tumit dan juga kaki yang sering diakibatkan oleh kelebihan berat badan. 
  5. Dapat meningkatkan rasa percaya diri. 
  6. Dapat meningkatkan gairah seksual (terutama bagi wanita yang mengalami masalah dengan hal ini pasca melahirkan).

Aturlah pola makan dengan baik

Diet yang baik adalah makan dengan teratur dan tidak berlebihan. Biasanya untuk sarapan, makan siang dan makan malam di jam yang sama setiap hari. Misalnya, biasakanlah sarapan pada jam tujuh pagi, makan siang jam dua belas siang dan makan malam jam lima atau enam sore. Setelah itu, usahakan agar tidak melanggar waktu-waktu itu.

Apabila dihadapkan pada situasi tertentu, misalnya datang ke acara makan malam yang biasanya diadakan setelah jam delapan malam, hindarilah untuk mengkonsumsi karbohidrat atau makanan lain yang berkompeten untuk menghasilkan lemak dan karbohidrat di dalam tubuh kita. Selain itu, perbanyaklah mengkonsumsi sayur atau buah-buahan.

Hal lain yang perlu diingat, di antara jeda waktu makan, sebaiknya Anda tetap mengemil sesuatu yang sehat dan baik. Hal ini akan sangat membantu untuk menghindarkan Anda dari mengkonsumsi segala sesuatu secara berlebihan ketika waktu makan tiba.

Jangan lupakan merawat kulit

Ini merupakan hal yang biasanya sering dilupakan ketika seorang wanita tengah menjalani diet. Ingatlah bahwa kulit akan sangat terpengaruh oleh perubahan bentuk tubuh. Tidak sedikit dari wanita yang akan mengalami kulit kusam, strecth mark, dan semacamnya ketika tubuh mengalami perubahan bentuk.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu merawat kulit saat Anda menjalani diet. Tak perlu perawatan yang repot-repot, cukup oleskan minyak zaitun di sekitar lipatan tubuh atau di tempat-tempat yang banyak terdapat timbunan lemak, satu sampai dua kali sehari.

Tips makanan sehat

Hindari makanan yang berlemak, jeroan, dan juga yang berminyak.

Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan tinggi.

Makanlah yang cukup, tidak berlebihan dan juga tepat waktu.

Jangan menahan lapar untuk diet yang tidak perlu. Ingat, tubuh juga perlu asupan gizi.

Tips hidup sehat

Tidurlah dalam jumlah waktu yang cukup, paling tidak selama 6 sampai 8 jam dalam sehari semalam. Ini akan sangat membantu Anda untuk memperbaiki metabolisme tubuh selama beraktivitas.

Berolahragalah secara teratur, paling tidak lakukanlah 2 sampai 3 kali dalam seminggu selama 30 menit. Ini akan menambah energi dan vitalitas tubuh Anda. Selain itu, olahraga juga dapat menjaga stamina, membuat persendian agar tetap dalam kondisi baik, dan juga melancarkan peredaran darah, mengencangkan tubuh, juga mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

Kerjakanlah hobi yang Anda sukai. Mengerjakan hobi, terutama yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan atau rutinitas, akan dapat membantu meredakan stres.

Makanlah yang sehat dan teratur dalam sehari-hari.

Jangan lupa untuk berekreasi, setidaknya dengan mendengarkan musik yang Anda sukai.

Baca juga: Resep Cantik dan Sehat Sampai Tua

Related

Female 6399555709578403990

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item