Masalah Kesehatan Akibat Tidur Siang Terlalu Lama

 Masalah Kesehatan Akibat Tidur Siang Terlalu Lama

Naviri.Org - Tidur siang, sebagaimana dinyatakan para ahli tidur, baik dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh sejenak dari aktivitas sehari-hari. Meski begitu, terlalu lama tidur siang juga tidak baik. Menurut para peneliti dari Cambridge University, tidur siang yang terlalu lama juga merupakan tanda permasalahan kesehatan. Peneliti menemukan, orang yang tidur siang dengan durasi terlalu lama lebih mungkin untuk meninggal pada usia muda.

Para peneliti menyatakan, tidur siang hampir dapat dideskripsikan sebagai sains. Jika dilakukan dalam ukuran yang tepat, tidur siang dapat mengurangi rasa lelah, sehingga tubuh akan terasa lebih segar saat terbangun. Namun, jika terlalu banyak atau terlalu lama tidur siang, justru menjadi kontraproduktif.

Lalu berapa lama tidur siang ideal? Para peneliti merekomendasikan waktu antara 30 menit sampai 1 jam. Waktu tidur siang yang relatif singkat itu dimaksudkan agar tubuh tidak masuk ke dalam fase tidur yang lebih dalam. Rekomendasi itu muncul berdasarkan studi yang menunjukkan bahwa orang yang tidur siang lebih lama dari satu jam dalam sehari, memiliki kemungkinan hingga 32 persen untuk meninggal pada usia muda.

Studi yang dipublikasikan di American Journal of Epidemiology itu melibatkan lebih dari 25.000 pria dan wanita di Inggris, berusia antara 40-79 tahun. Dari peserta tersebut, 16.000 di antaranya menjawab pertanyaan soal kebiasaan dan durasi tidur siang mereka yang dikategorikan menjadi dua, yaitu kurang dari satu jam atau lebih dari satu jam. Sementara mereka yang tidak tidur siang dikategorikan sebagai kelompok kontrol.

Penelitian itu dilakukan hingga 13 tahun. Setelah diikuti selama 13 tahun, ditemukan bahwa peserta yang tidur siang lebih dari satu jam menghadapi risiko yang lebih tinggi untuk meninggal karena berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit pernapasan. Hubungan itu tetap ditemui setelah peneliti memasukkan faktor lain, seperti usia, jenis kelamin, kelas sosial, tingkat pendidikan, pekerjaan, indeks massa tubuh, tingkat aktivitas fisik, merokok, konsumsi alkohol, depresi, penggunaan obat-obatan, tidur malam, dan tanda-tanda awal penyakit.

Kenyataan itu memunculkan beberapa indikasi yang saling berkaitan. Bisa tidur siang terlalu lama yang memicu berbagai masalah kesehatan, atau masalah kesehatan yang kemudian memicu seseorang untuk tidur siang lebih lama. Yang jelas, tidur siang lebih lama memiliki kaitan erat dengan masalah-masalah kesehatan.

Para peneliti menyatakan, tidur siang yang dilakukan dalam waktu lama berhubungan dengan adanya permasalahan kesehatan yang belum terdiagnosis. Alasannya, orang yang mengalami permasalahan kesehatan umumnya cepat lelah dan mengantuk.


Related

Health 1085218546771846985

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item