Global Warming Begitu Nyata, tapi Banyak Orang Tidak Percaya

Global Warming Begitu Nyata, tapi Banyak Orang Tidak Percaya

Ternyata, cukup banyak orang Indonesia yang tidak mempercayai global warming. Bahkan, orang Indonesia berada di urutan satu soal ini, berdasarkan salah satu survei yang dilakukan oleh YouGov.

Survei dilakukan kepada 26 ribu responden dari 25 negara. Sebanyak 21% responden Indonesia mengaku 'perubahan iklim tidak terjadi' atau 'perubahan iklim memang terjadi tetapi bukan manusia yang bertanggung jawab'.

Indonesia berada di peringkat atas, mengalahkan Amerika Serikat (19%) dan Arab Saudi (18%). Negara lain yang masuk ke dalam daftar ini adalah Mesir (18%), India (16%), Meksiko (16%), Thailand (15%), serta Australia (14%).

Dalam acara 'Eureka! Edisi 7: Bumi Akhir Zaman', Siswanto M.Sc, peneliti cuaca dan iklim ekstrem Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG), mengingatkan generasi muda untuk mulai menyadari fakta yang ada. Dia mendorong generasi muda untuk melakukan aksi menghijaukan kembali Bumi.

"Bagi teman-teman, anak muda, sekarang, jangan nanti-nanti. Yang kita butuhkan adalah action. Fakta dan data sudah menunjukkan bahwa pemanasan global dan perubahan iklim itu nyata, dan dia tidak terjadi jauh dari kita, tetapi terjadi di sekitar kita, bahkan mungkin sudah menyerang kita," ujar Siswanto.

Dampak dari global warming bisa dirasakan dari tren kejadian bencana alam. Dari tahun 2010-2020, BNPB mencatat adanya peningkatan bencana alam. Selain itu, suhu udara permukaan di wilayah-wilayah seluruh Indonesia juga beberapa kali mengalami peningkatan. Wilayah yang tertinggi adalah Temindung, Kalimatan Timur, laju peningkatan suhu permukaan di sana mencapai 0,47°.

"Kita tertimpa dampaknya, banjir, kekeringan, kemudian ada puting beliung yang tidak biasa terjadi di suatu lokasi menjadi biasa. Bumi ini bereaksi terhadap apa yang kita lakukan. Semakin kita rakus dan tidak menyayangi Bumi, maka demikian pula Bumi akan membalas kepada kita," tandasnya.

Related

News 3264561598022035188

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item