Giuseppe Mezzofanti, Poliglot Paling Terkenal di Dunia

Giuseppe Mezzofanti, Poliglot Paling Terkenal di Dunia

Naviri.Org - Poliglot adalah istilah untuk menyebut orang yang memiliki kemampuan berbicara dalam banyak bahasa. Sampai saat ini memang belum ada kesepakatan mengenai berapa bahasa yang harus dikuasai seseorang untuk disebut sebagai poliglot. Sebagian pakar ada yang menetapkan empat, bahkan lebih. Sementara itu, pakar linguistik di University College London, Richard Hudson, lebih senang menggunakan istilah hiperpoliglot untuk menyebut orang yang fasih berbicara dalam enam bahasa atau lebih.

Terkait poliglot, kita harus menyebut nama Kardinal Giuseppe Mezzofanti. Ia poliglot yang sangat terkenal di dunia, bahkan bisa jadi orang pertama yang diketahui memiliki kemampuan seorang poliglot karena kemampuannya berbicara dalam berbagai bahasa.

Giuseppe Mezzofanti lahir di Bologna pada tahun 1774, dan merupakan profesor Bahasa Arab di Bologna University. Kemampuannya sebagai poliglot mulai diketahui saat ia mendengar seorang imam tua memberikan mata pelajaran bahasa Yunani dan Latin. Tanpa pernah membaca kedua buku terkait dua bahasa tersebut, Mezzofanti mampu mengingat bahasa Yunani dan Latin dalam kata-kata yang sempurna.

Sejak itu, Giuseppe Mezzofanti diketahui memiliki kemampuan berbicara dalam 70 bahasa.

Pada suatu kesempatan, Paus Gregorius XVI pernah mengatur pertemuan antara Giuseppe Mezzofanti dengan sekelompok mahasiswa internasional. Para mahasiswa itu diberi kesempatan untuk berbicara dalam bahasa mereka masing-masing. Beberapa mahasiswa mengujinya. Mereka terperangah saat mendapati Giuseppe Mezzofanti menjawab dengan bahasa negara masing-masing mahasiswa.

Pada kesempatan berbeda, Giuseppe Mezzofanti mendengar seorang cendekiawan Rusia, AV Starchevsky, berbicara bahasa Ukraina. Saat itu, ia belum menguasai bahasa tersebut. Namun, dua minggu kemudian, Starchevsky terkesima mendapati Giuseppe Mezzofanti sudah fasih berbicara bahasa Ukraina, bahkan hampir setara dengan penutur aslinya. Sejak saat itu, fenomena poliglot menjadi pembicaraan banyak kalangan, hingga di masa sekarang.

Baca juga: Daftar Pemimpin Dunia yang Menjadi Mumi

Related

Insight 7972993497759048997

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item