Mengapa Orang Suka Mengikuti Berita Kehidupan Artis?

 Mengapa Orang Suka Mengikuti Berita Kehidupan Artis?

Naviri.Org - Tak bisa dimungkiri, kebanyakan orang suka pada berita-berita terkait artis, selebritas, atau orang-orang terkenal. Banyak dari kita yang sering penasaran saat seorang artis atau selebritas diberitakan, terlepas apa isi beritanya. Bagaimana pun, suatu kasus atau suatu berita akan lebih menarik ketika terkait artis atau orang terkenal, daripada ketika terkait orang biasa atau yang tidak kita kenal.

Kenyataannya, kesukaan orang pada kabar artis atau orang-orang terkenal sudah berlangsung sejak lama. Pertanyaannya, mengapa orang-orang suka mengikuti berita kehidupan artis atau orang terkenal?

Daniel Kruger, psikolog evolusi dari University of Michigan menyampaikan pandangannya tentang motivasi orang senang mengamati kehidupan artis atau selebritas.

Pertama, dengan mempelajari apa yang dilakukan orang-orang berstatus tinggi macam selebritas, orang dapat meniru supaya bisa menjadi sosok serupa di kemudian hari. Kedua, dengan mengetahui apa yang terjadi dalam kehidupan selebritas, seseorang bisa lebih gampang membawa diri atau berinteraksi dalam kehidupan sosial.

Bukan hal yang tak lazim jika ditemukan percakapan-percakapan kasual—mulai dari anak-anak sampai orang-orang tua—yang melibatkan rumor seputar kehidupan para selebritas, bukan? Malah kadang, hal itu menjadi topik awal pemecah kebekuan bagi sebagian orang. Dua orang yang semula tampak kaku bisa bercakap-cakap asyik setelah salah satunya menyebut nama seorang artis, lalu direspons oleh lawan bicaranya.

Jadi, kesukaan banyak orang pada berita-berita artis kemungkinan besar memang terkait dengan dua hal di atas. Yaitu sebagai upaya agar bisa menjadi seperti orang (selebritas) yang beritanya ia ikuti, dan sebagai sarana untuk bercakap-cakap dengan orang lain.

Di luar motivasi tersebut, tentu ada motivasi-motivasi lain, yang sifatnya bisa jadi subjektif. Misalnya karena kesukaan. Orang akan selalu tertarik pada berita apa pun terkait artis yang menjadi idolanya. Atau sebaliknya, karena ketidaksukaan. Orang yang tidak suka pada seorang artis, bisa jadi juga selalu tertarik mengikuti berita tentang artis bersangkutan, untuk tahu apa saja yang dilakukan si artis.

Kamu punya alasan lain, mengapa suka mengikuti berita-berita artis?

Baca juga: 10 Selebriti Wanita Paling Kaya di Dunia

Related

Insight 2224337790720640794

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item