Kisah Perburuan Besar-besaran Koruptor di Cina

Kisah Perburuan Besar-besaran Koruptor di Cina

Naviri.Org - Pemerintah Cina tampaknya berusaha membersihkan negeri mereka dari ulah nakal para pejabat korup. Karenanya, pemerintah Cina pun melakukan perburuan besar-besaran terhadap para koruptor, lewat operasi yang disebut “harimau dan lalat”, yang artinya perburuan terhadap para koruptor kelas kakap sampai koruptor kelas teri.

Hasil perburuan itu pun mencengangkan. Badan antikorupsi Cina mengklaim sedikitnya 1,34 juta pejabat rendah telah dihukum sejak 2013, karena terlibat korupsi di bawah pemerintahan Presiden Xi Jinping.

Komisi Pusat Pemantauan Disiplin (CCDI), yang mengawasi tindak korupsi di Cina, mengatakan para pejabat yang dihukum mencakup 648.000 pegawai tingkat desa, dan kejahatan yang mereka lakukan termasuk korupsi dalam skala kecil.

Aksi pemberantasan korupsi tersebut merupakan bagian dari kampanye antirasuah, yang menargetkan "harimau dan lalat", yang dicanangkan Presiden Xi Jinping sejak menjabat. Artinya, selain menyasar pejabat rendahan, Xi turut menghukum pejabat tinggi.

Pada Agustus lalu, kepala komisi pemberantasan korupsi di Kementerian Keuangan diselidiki atas tuduhan menerima gratifikasi.

Kemudian, sebagaimana dilaporkan kantor berita Reuters, seorang pejabat militer yang menempati posisi dalam Komisi Pusat Militer telah ditahan atas dugaan korupsi.

Pemaparan CCDI mengemuka di tengah persiapan konferensi para petinggi Partai Komunis Cina pada pertengahan Oktober. Konferensi itu akan menjabarkan kebijakan-kebijakan yang ditempuh Xi Jinping, termasuk langkah pemberantasan korupsi—walau beberapa pihak mengatakan kampanye antikorupsi itu juga dimanfaatkan untuk menekan para saingan politiknya.

Cina dengan giat mengejar para tersangka korupsi yang melarikan diri ke luar negeri, lewat operasi yang diberi nama Sky Net dan Fox Hunt.

Sebagaimana dilaporkan kantor berita Cina, Xinhua, pemerintah Cina mengutus aparat ke Afrika, Amerika Selatan, Asia Pasifik, dan Eropa Barat khusus untuk memburu koruptor.

Baca juga: Upaya Pemerintah Cina Mengatasi Polusi di Negaranya

Related

News 4395339723944868737

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item