Bitcoin Kini Menembus Harga Puluhan Juta Per Keping

Bitcoin Kini Menembus Harga Puluhan Juta Per Keping

Naviri.Org - Kabar baik tampaknya sedang hinggap pada orang-orang yang selama ini menekuni penambangan bitcoin di internet. Jika sebelumnya uang digital (cryptocurrency) ini terus diselimuti pro kontra, bahkan penolakan di beberapa negara, kini eksistensinya makin mantap. Jika sebelumnya bitcoin hanya memiliki nilai beberapa dolar per keping, kini tampaknya telah naik drastis. Kenyataan ini berarti rezeki nomplok bagi siapa pun yang telah mengumpulkan bitcoin.

Pada Rabu (1/11/2017), bitcoin menorehkan rekor baru. Pada hari tersebut, nilai bitcoin menembus level 6.600 dollar AS per keping, atau sekitar Rp 89,1 juta (kurs Rp 13.500).

Apa penyebabnya? Mengutip CNBC, pemecahan rekor baru harga bitcoin ini terjadi setelah perusahaan trading CME Group Inc, mengumumkan untuk merilis kontrak perdagangan berjangka bitcoin di akhir tahun ini.

Menurut website industri CoinDesk, nilai bitcoin menguat ke level 6.600,84 dollar AS hanya beberapa jam setelah naik ke level 6.400 dollar AS, kemudian melewati 6.500 dollar AS sebelum berakhir di 6.600 dollar AS beberapa saat setelahnya.

Dengan demikian, kapitalisasi pasar sirkulasi bitcoin telah menembus 110 miliar dollar AS.

Di Selasa, CME mengatakan akan memperkenalkan kontrak berjangka bitcoin di kuartal IV tahun ini, dan saat ini masih menunggu persetujuan regulator yang berwenang.

"Kami sudah bekerja sama dengan regulator. Mereka mengerti aplikasi kami dan modelnya dengan sangat baik," kata Terry Duffy, komisaris dan CEO CME Group kepada CNBC.

Penambahan produk perdagangan berjangka bisa membawa lebih banyak investor masuk ke pasar. Dipercaya, hal ini akan semakin mendorong nilai bitcoin ke depan.

Kontrak berjangka bitcoin akan berbasis pada CME CF Bitcoin Reference Rate (BRR), yakni fasilitas trading cryptocurrency yang dirilis CME pada November 2016. Harga referensinya akan terbit pada jam 4 sore waktu London.

Baca juga: Bitcoin, Mata Uang Maya yang Makin Populer

Related

Money 8855684741545721230

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item