Fakta: Setiap 34 Menit, Ada 1 Wanita India Diperkosa

Fakta: Setiap 34 Menit, Ada 1 Wanita India Diperkosa

Naviri.Org - Negara mana yang paling rentan perkosaan terhadap wanita? India akan menempati urutan teratas. Kenyataanya, sudah lama negara itu terkenal sebagai wilayah yang sangat tidak aman bagi keselamatan wanita, karena kekerasan dan perkosaan bisa datang kapan saja, pada siapa saja. Perkosaan di India bahkan bisa terjadi di rumah si wanita, di jalanan, di tempat umum, di tempat sepi, atau pun di tempat ramai. Itu jelas sangat mengerikan bagi siapa pun.

Jumlah korban pemerkosaan di India terbilang sangat tinggi, dan berada di angka yang sangat mengkhawatirkan. Berdasarkan data statistik dari National Crime Records Bureau of India, dalam kurun waktu 34 menit ada satu orang wanita India yang diperkosa.

Data tersebut luar biasa menyedihkan, terlebih pemerkosaan di India terjadi di setiap lapisan masyarakat. Sebab, pemerkosaan di India sering terjadi sebagai bentuk hukuman sosial, untuk menunjukan kekuasaan, dan hal yang dianggap lumrah. Benar-benar biadab dan tidak adil.

Kini, sembilan organisasi non-pemerintah bersatu untuk memerangi pemerkosaan dengan kampanye #HerVoice. Kampanye ini bertujuan untuk mencegah dan melindungi para wanita dari pemerkosaan di seluruh penjuru India.

"Para politisi dan institusi di masyarakat itu terlibat korupsi. Di mana mereka mengarah pada unsur pidana. Hanya kelompok yang menekan seperti #HerVoice yang dapat memperbaiki ini," ujar Anna Hazare, seorang aktivis sosial.

Salah seorang juru bicara dari kampanye #HerVoice, Jenn Selby, menyebutkan, "Di India, korban pemerkosaan seringkali dibuang oleh keluarga, dipermalukan komunitasnya, dan tak dipercaya oleh polisi.”

Lalu, Selby menambahkan bahwa korban pemerkosaan di India sering mendapatkan surat ancaman oleh penyerangnya.

“India menghukum jutaan wanita karena merasa ketakutan dan depresi seumur hidup. Kita berutang kepada wanita India, sebagai sesama manusia untuk bersatu dalam solidaritas bersama mereka," pungkasnya.


Related

World's Fact 3359428078445116090

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item