Mengenal Vivo, SPBU Baru yang Menarik Perhatian

Mengenal Vivo, SPBU Baru yang Menarik Perhatian

Naviri.Org - Nama Vivo populer akhir-akhir ini, lantaran kerap muncul sebagai berita di beberapa situs atau media. Pemberitaan terkait Vivo, karena SPBU Vivo menjual BBM dengan harga yang lebih murah dibanding SPBU milik Pertamina. Kenyataan itu tentu saja menarik perhatian banyak orang. Bagaimana pun, selama ini urusan BBM seperti dimonopoli oleh Pertamina, sehingga pembeli atau konsumen bisa dibilang tidak bisa punya pilihan lain ketika perlu mengisi BBM.

Kini, setelah munculnya SPBU lain, bahkan menawarkan harga yang lebih murah, konsumen BBM pun memiliki pilihan. Lantas, siapakah Vivo?

Mayoritas saham PT Vivo Energi Indonesia dipegang oleh Vitol Asia Pte Ltd yang berbasis di Singapura, dan terafiliasi dengan Vitol Group yang berbasis di Swiss. Selain di Indonesia, Vivo juga telah beroperasi di Singapura, Belanda, London, Afrika dan Australia. Sebelumnya, SPBU VIVO didaftarkan oleh PT Nusantara Energy Plant Indonesia (NEPI).

Namun, tes operasi tidak bisa dilanjutkan lantaran izin administrasi tidak sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah, yaitu nama operator PT NEPI harus sesuai dengan nama SPBU. Kemudian induk usaha memutuskan untuk mengganti nama NEPI menjadi PT Vivo Energy Indonesia pada 19 Oktober 2017 lalu.

Vitol Asia Pte Ltd merupakan perusahaan trading minyak yang sudah memiliki fasilitas kilang blending dan pengolahan di beberapa negara, termasuk di Fujairah UAE, fasilitas refinery berkapasitas 80.000 barel per hari. Selain itu, Vitol juga terdaftar sebagai mitra Pertamina dalam hal pengadaan minyak. PT NEPI bukanlah pemain baru dalam bisnis ritel migas.

Rencana NEPI mendirikan SPBU sudah dimulai sejak 2016 lalu, saat itu pemegang saham minoritas NEPI ingin menggunakan merek SPBU Nusantara. Namun, Vitol selaku pemegang saham mayoritas tetap ingin menggunakan merek internasional yakni Vivo.

Baca juga: Harga Bensin di SPBU Vivo Lebih Murah dari Pertamina

Related

Business 1036690341339110902

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item