Legenda Wanita Amazon, Buas Bertarung dan Membenci Pria

 Legenda Wanita Amazon, Buas Bertarung dan Membenci Pria

Naviri.Org - Ada legenda terkenal terkait hutan Amazon, yang telah terkenal sebagai hutan hujan terbesar di dunia. Berdasarkan legenda tersebut, di hutan Amazon ada sekelompok suku yang hanya dihuni kaum wanita, dari anak-anak sampai wanita tua. Tidak ada satu pun pria yang bersama suku tersebut. Suku itulah yang terkenal dengan nama Wanita Amazon.

Para wanita Amazon tidak tersentuh kehidupan modern, dan mereka masih menjalankan kehidupan ala orang hutan—bebas, dan tanpa ikatan peraturan dari negara mana pun. Mereka menentukan sendiri cara dan aturan hidup yang dijalani, yang salah satunya adalah anti kaum pria. Mereka disebut membenci laki-laki, bahkan bayi laki-laki.

Meski begitu, para wanita Amazon adalah pribadi-pribadi tangguh yang mampu bertarung dengan sangat buas dan mematikan. Karenanya, meski tidak ada kaum laki-laki yang menjaga, mereka bisa menjaga diri sendiri.

Lalu bagaimana para wanita Amazon berkembang biak dan punya anak? Kalau mereka tidak mengizinkan laki-laki berdekatan dengan mereka, bagaimana mereka bisa mendapatkan benih untuk menghasilkan keturunan?

Terkait hal itu, para wanita Amazon memiliki ritual unik. Ketika seorang atau beberapa orang wanita di suku mereka sudah memasuki usia dewasa, yang artinya bisa hamil dan melahirkan anak, wanita-wanita itu akan diminta pergi dan mengintai suku yang didiami kaum pria. Mereka harus mencari pria yang dianggap kuat, untuk kemudian menculiknya. Proses itu kadang mengharuskan mereka harus bertempur, namun mereka sering kali sukses, berhasil menculik pria yang diinginkan.

Setelah mendapatkan pria yang diinginkan, wanita Amazon akan menjadikan si pria sebagai “suami”, yang tujuannya hanya untuk membuahi wanita Amazon. Setelah wanita Amazon positif hamil, pria yang diculik itu akan dikembalikan kepada sukunya.

Wanita Amazon yang hamil akan melahirkan anaknya. Jika si anak ternyata laki-laki, bayi itu akan dibunuh. Sebaliknya, jika si anak ternyata wanita, mereka akan merawat si bayi sampai tumbuh besar dan dewasa, serta melatihnya menjadi Wanita Amazon yang hebat.

Wanita Amazon sudah terkenal sebagai nama sebuah suku wanita yang menurut legenda mendiami sebuah daerah di Asia Minor. Menurut cerita, suku ini benar-benar hanya berisi wanita. Meskipun begitu, mereka sangat mandiri dan tak butuh satu pun pria.

Bahkan mereka juga melakukan peperangan untuk bertahan atau pun menguasai suatu wilayah. Soal peperangan, wanita Amazon dikenal lantaran kegemaran mereka bertempur.

Mereka sangat ahli dalam berbagai hal, bermain pedang, menunggang kuda sambil membawa tombak, serta keahlian mematikan kebanggaan mereka, memanah. Menurut cerita, Bangsa Yunani sempat kewalahan menghadapi pasukan Amazon ini. Berikut ini beberapa mozaik terkait mereka, yang dituturkan legenda.

Memotong sebelah dada 

Salah satu kebiasaan paling gila para wanita Amazon adalah kenekatan mereka untuk memotong sebelah payudaranya. Alasannya sendiri begitu sepele tapi bikin merinding. Menurut cerita, kenapa mereka melakukan itu adalah agar lebih mudah saat memanah. Dengan permukaan dada yang rata, mereka bisa mendapatkan fokus untuk memanah.

Sangat membenci pria

Menurut kepercayaan Yunani kuno, wanita Amazon sangat membenci pria. Bagi mereka, laki-laki hanyalah sampah yang tak berguna. Makanya, mereka kemudian memutuskan untuk tidak bergantung kepada pria, dan mulai mengasah dirinya. Sehingga yang terjadi adalah superioritas wanita Amazon yang tinggi

Membesarkan anak dengan keras

Sama seperti para bocah Sparta atau Mongol yang menjalani pendidikan keras, anak-anak perempuan Amazon juga mengalami nasib yang sama. Mereka diajari oleh ibunya untuk menjadi kesatria hebat. Mulai dari belajar menunggang kuda sampai latihan memakai senjata.

Bikin Yunani ketar-Ketir

Dengan obsesi yang besar akan peperangan, serta diimbangi dengan kemampuan mematikan, wanita Amazon adalah ancaman yang besar. Menurut legenda, pasukan wanita beringas ini pernah berhadapan dengan pasukan Yunani, dan sukses memberikan perlawanan yang sengit.

Antara fantasi dan kenyataan

Banyak yang menganggap kisah sangar wanita Amazon hanya legenda yang dibuat-buat. Pasalnya, hampir tak ada bukti nyata berupa peninggalan atau pun untuk menunjukkan eksistensi nyata mereka.

Menurut sebagian sejarawan, wanita Amazon memang sengaja diciptakan sebagai dongeng dan hiburan.

Baca juga: Kisah Legenda Kuntilanak di Pontianak

Related

Insight 4015262537508040007

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item