Resep Rahasia Bumbu Ayam KFC Akhirnya Terbongkar

Resep Rahasia Bumbu Ayam KFC Akhirnya Terbongkar

Naviri.Org - KFC (Kentucky Fried Chicken) adalah merek ayam goreng paling terkenal di dunia, yang pertama kali diperkenalkan oleh seorang lelaki bernama Colonel Sanders. Popularitas KFC karena rasanya yang enak, gurih, dan renyah, sehingga mudah disukai lidah orang mana pun.

Selama ini, orang-orang bertanya-tanya, bagaimana cara membuat ayam goreng seperti KFC? Apa saja bumbu-bumbunya? Tapi pertanyaan itu tak pernah terjawab, karena pihak KFC tentu tidak ingin membocorkan rahasia bumbu yang mereka gunakan dalam membuat ayam goreng KFC. Bahkan, konon, resep pembuatan ayam goreng KFC termasuk salah satu rahasia yang dijaga sangat ketat.

Tetapi, akhirnya, resep rahasia itu terbongkar. Sebuah cuitan Twitter dari Chicago Tribune membongkar resep rahasia dari ayam KFC Colonel Sanders ini. Di cuitannya tersebut diposting foto tulisan tangan 11 bumbu rahasia ayam KFC. Apa saja bumbu rahasia tersebut? Berikut ini uraian bumbu serta cara pembuatannya.

Resep rahasia ayam KFC

Bahan bumbu rahasia:
2/3 sdm garam
½ sdm daun thyme bubuk
½ sdm daun basil bubuk
1/3 sdm oregano
1 sdm garam seledri
1 sdm lada hitam
1 sdm mustard bubuk
4 sdm paprika
2 sdm bawang putih bubuk
1 sdm jahe bubuk
3 sdm lada putih
2 cup tepung terigu

Persiapan

Sebelum membalurkan ayam dengan 11 bumbu rahasia, rendamlah ayam di campuran telur dan susu selama 1 jam, di suhu ruangan (bukan kulkas).

Mulai memasak

Campur semua rempah dengan tepung terigu, aduk rata. Ambil ayam yang sudah direndam, lalu gulingkan di tepung, lalu ke telur, lalu ke tepung kembali.

Saatnya menggoreng 

Panaskan minyak, pastikan jumlah minyak yang dipakai banyak, agar ayam digoreng terendam. Lalu gorenglah ayam di minyak yang panas, dan goreng hingga kecokelatan dan matang.

Angkat dan tiriskan

Gimana? Mudah, bukan? Kini semua orang bisa membuat ayam goreng tepung ala KFC sendiri di rumah. Dengan sebelas bumbu rahasia tersebut dijamin rasanya mirip dengan yang asli.

Tips menggoreng ayam goreng tepung

Selalu rendam atau marinasi ayam sebelum memasak. Hal yang paling sederhana adalah menggunakan air dan garam selama 24 jam.

Biarkan ayam dibaluri tepung beberapa lama. Biarkan hingga agak lengket, lalu balurkan tepung kembali sebelum siap dimasukkan ke penggorengan.

Jangan pernah menggoreng ayam yang dingin dari kulkas. Biarkan ayam pada kondisi suhu ruangan sebelum siap digoreng. Maka, ayam akan matang lebih cepat, luar dan dalam.

Selalu tiriskan ayam setelah diangkat dari penggorengan, dan biarkan selama 1 jam di suhu ruangan.

Jangan masukkan ayam ke minyak yang belum panas. Hal ini akan membuat ayam menyerap minyak lebih banyak.

Gunakan minyak dengan suhu panas tinggi, seperti minyak kanola, minyak sayur, atau minyak kacang. Jangan gunakan minyak zaitun extra virgin, karena memiliki titik panas yang rendah, sehingga memberikan rasa pahit yang kurang sedap untuk ayam goreng dengan teknik deep fried.


Related

News 1407752290493165306

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item