Kisah Mengharukan Dua Bocah yang Mencari Ayah dan Ibunya

 Kisah Mengharukan Dua Bocah yang Mencari Ayah dan Ibunya

Naviri.Org - Dua bocah bersembunyi di kolong bus, dan mengikuti bus itu hingga sejauh 80 kilometer, melewati jalanan yang mulus dan terjal, naik turun, dan berisiko terjatuh dari persembunyian di kolong bus tersebut. Dua bocah itu nekat bersembunyi di kolong bus, tentu karena tidak punya uang untuk membeli tiket bus. Yang mengharukan, dua bocah itu melakukan tindakan nekat tersebut karena ingin mencari ayah dan ibunya.

Foto-foto dua bocah Cina yang bersembunyi di kolong sebuah bus sejauh 80 kilometer itu pun menjadi pembicaraan hangat di media sosial Cina. Warganet pun risau dengan nasib bocah-bocah negara itu, yang tinggal di perkampungan miskin.

Kedua bocah yang tidak diketahui namanya tersebut, berasal dari sebuah desa miskin di selatan Guangxi. Mereka berusaha menemui orang tua mereka yang bekerja di provinsi tetangga, Guangdong.

Anak-anak tersebut dilaporkan hilang oleh guru mereka pada 23 November. Namun, mereka ditemukan di hari yang sama, di bawah kolong bus di sebuah terminal. Dari foto dan video yang beredar, terlihat kedua bocah berlumur lumpur dan duduk menggayut di bawah bus.

Ingin mencari orang tua

Berdasarkan laporan Southern Morning Post, kedua bocah "yang berusia sekitar delapan atau sembilan tahun" itu ditemukan oleh petugas keamanan terminal, saat bus berhenti menunggu penumpang.

Dalam perjalanan panjang tersebut, bus sempat melalui "jalanan terjal" sejauh 5 km. Petugas terminal bus terkejut melihat kedua bocah tidak terluka sedikit pun.

Lebih 1.000 pengguna media sosial Weibo mendiskusikan kisah dua bocah ini.

"Badan keduanya kurus sekali. Kolong bus tempat bersembunyi yang pas bagi mereka," kata seorang petugas terminal. "Kami akhirnya mengetahui apa alasan mereka. Keduanya kangen dengan ayah dan ibu mereka. Mereka ingin menemukan orang tuanya."

Laporan menyatakan kerabat anak-anak tersebut kemudian dihubungi, dan mereka dijemput di hari yang sama.

Peristiwa ini menimbulkan kehebohan di media sosial Cina. Ribuan orang telah membicarakannya di media sosial Cina, Sina Weibo. Banyak warganet yang menyebut foto dan video bocah-bocah tersebut "memilukan".

Seorang pengguna media sosial berujar: "Saat ini banyak sekali anak-anak di Cina yang terpisah dari orang tua mereka sejak masih kecil. Siapa yang merawat mereka dan memberi solusi masalah ini?"

Ada juga yang menyebut peristiwa itu sebagai "tragedi sosial". Pasalnya terdapat puluhan ribu bocah di daerah perkampungan Cina, yang ditinggalkan orang tua mereka yang bekerja di kota. Banyak yang kemudian tinggal dengan kakek-nenek, atau bahkan hidup sendiri. Dua bocah ini tinggal di asrama.

Mimpi buruk Cina

Persitiwa tersebut membuat warganet menyindir "Mimpi Cina", konsep partai komunis yang dipopulerkan oleh Presiden Xi Jinping pada tahun 2013. Salah satu misi dari konsep tersebut adalah memberantas kemiskinan pada tahun 2020.

Meskipun Mimpi Cina sudah populer, tetapi tetap banyak yang pergi meninggalkan kampung dan bekerja di kota.

Seorang warganet menulis, "Ini adalah bukti ketika Mimpi Cina menjadi mimpi buruk bagi anak-anak. Apakah Mimpi Cina seharusnya juga ditujukan bagi kesejahteraan anak-anak ini? Apakah pemerintah lupa?"

Baca juga: Cinta Mati, Remaja 16 Tahun Menikahi Nenek 71 Tahun

Related

World's Fact 3723502739966995954

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item