Satoshi Nakamoto, Pendiri Bitcoin yang Misterius

 Satoshi Nakamoto, Pendiri Bitcoin yang Misterius

Naviri.Org - Satoshi Nakamoto adalah nama terkenal, khususnya di dunia maya, karena dialah pencipta bitcoin, dan orang yang memperkenalkan mata uang virtual tersebut hingga sekarang dikenal di seluruh dunia. Karenanya, siapa pun yang mengenal bitcoin hampir bisa dipastikan mengenal nama Satoshi Nakamoto.

Mungkin nama Satoshi Nakamoto akan dilupakan, kalau saja bitcoin tidak menjadi mata uang yang sangat populer seperti sekarang. Tapi mata uang virtual itu kini sangat terkenal, bahkan memiliki nilai yang terus meningkat, hingga nama Satoshi Nakamoto pun kerap disebut-sebut. Sekarang, 1 bitcoin mencapai 19.097 USD atau sekitar Rp 272 juta, menurut data kurs di situs Fulusdotcom (per Desember 2017).

Yang masih misteri, sosok Satoshi Nakamoto masih misterius, sejak memperkenalkan mata uang bitcoin, sejak 2009. Tidak ada satu orang pun yang yakin siapakah sebenarnya dia.

Lalu siapakah sosok Satoshi Nakamoto yang menciptakan bitcoin tersebut? Sampai sekarang sosoknya masih jadi misteri, dan tidak ada seorang pun yang tahu siapa Satoshi sebenarnya, dari mana asalnya, dan bagaimana latar belakangnya. Berikut fakta-fakta mencengangkan tentang sang pendiri bitcoin tersebut.

Masuk daftar 50 orang terkaya di dunia

Dikutip dari CCN (18/12/2017), Satoshi Nakamoto termasuk dalam daftar 50 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan yang ditaksir mencapai 19,4 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 277 triliun.

Menurut data Forbes, Satoshi berada di urutan ke-44 dalam daftar 50 orang terkaya di dunia, setelah Stefan Persson dari H&M.

Memiliki 980.000 bitcoin

Selama bertahun-tahun, bitcoin yang ditambang Satoshi diperkirakan berjumlah 980.000 bitcoin atau bahkan lebih, dan tetap tidak terpakai. Jika harga bitcoin terus meningkat pesat, Satoshi akan jadi orang yang benar-benar sangat kaya di dunia. Bill Gates pun mungkin akan terdepak.

Satoshi mungkin bukan nama orang

Ada dugaan kalau Satoshi Nakamoto bukanlah nama orang, melainkan nama grup gabungan perusahaan-perusahaan besar. Samsung dan Toshiba = Satoshi. Nakamichi dan Motorola = Nakamoto.

Berkomunikasi secara digital

Satoshi dipercaya tidak berkomunikasi dengan orang-orang melalui telepon atau bertatap muka langsung. Dia dipercaya sebagai sosok misterius yang hanya berkomunikasi melalui digital.

Yang jadi pertanyaan, kenapa Satoshi tidak menampakkan dirinya, dan terkesan bersembunyi?

Baca juga: Perusahaan di Jepang Menggaji Karyawan dengan Bitcoin

Related

Money 5339337387716926121

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item