Uus, Stand Up Comedian yang Kontroversial

 Uus, Stand Up Comedian yang Kontroversial

Naviri.Org - Stand up comedy atau lawakan tunggal sedang menjadi tren di Indonesia, bahkan telah melahirkan banyak komika (sebutan untuk pelaku stand up comedy). Di antara banyak komika tersebut, Uus termasuk segelintir komika yang bisa dibilang kontroversial. Pasalnya, selain dikenal sebagai seorang komika, Uus juga sempat bikin heboh karena komentar atau tingkahnya yang dianggap kontroversial.

Belum lama, misalnya, Uus bikin heboh netizen karena mendukung Rina Nose yang melepas jilbab. Jauh sebelum itu, Uus juga bikin geger ketika menyindir Habib Riziq, yang bahkan berbuah pemecatan dari tempat kerjanya di stasiun televisi.

Nama Uus mulai dikenal banyak orang setelah ia menjadi salah satu finalis di ajang pencarian bakat, Stand Up Comedy Indonesia season 3 (SUCI), yang ditayangkan di salah satu televisi swasta pada tahun 2013.

Beberapa rekan seangkatan yang juga terkenal lewat ajang tersebut adalah Arie Kriting, Babe Cabiita, dan Fico Fachriza.

Dalam ajang tersebut, Uus menjadi salah satu finalis yang tersisih di awal kompetisi. Kendati demikian, namanya tetap dikenal banyak orang. Hal itu karena pria berusia 27 tahun tersebut memiliki ciri khas sendiri saat membawakan materi-materi stand up comedy-nya.

Dengan bermodal gaya rambut yang botak plontos, mimik muka yang dibuat aneh, dan gerakan tubuh yang selalu meliak-liuk tak bisa diam, pria berdarah Sunda ini bisa dengan memudah membuat para penonton tertawa terbahak-bahak.

Sukses dikenal menjadi seorang komika, Uus mulai melebarkan sayap ke dunia seni peran. Kariernya di dunia akting dimulai sejak tahun 2014, saat ia menjadi salah satu pemain pendukung di film garapan Raditya Dika, berjudul 'Malam Minggu Miko the Movie'.

Setelah itu, beberapa tawaran film pun mulai ramai menghampirinya. Uus mendapatkan peran di beberapa film seperti 'This is Cinta', 'Romeo + Rinjani', 'Comic 8: Kasino Kings', 'Abdullah & Takeshi', 'Get Up Stand Up', dan 'Hongkong Kasarung'.

Setelah itu, jalannya untuk sukses di dunia hiburan Tanah Air semakin terbuka lebar saat alumni Universitas Padjajaran tersebut digaet oleh beberapa pihak stasiun televisi swasta, untuk menjadi presenter acara.

Beberapa program acara yang pernah dipandu oleh Uus antara lain 'Stand Up Comedy Academy', 'Gen Z', 'Indonesia Lawak Klub', 'Inbox', dan menjadi pengisi acara pula di program 'Opera Van Java'.

Namun sayangnya, saat Uus baru saja berada di puncak karier sebagai seorang entertainer, ia harus menghadapi masalah yang cukup serius.

Pada bulan Januari 2017, ayah satu anak tersebut sempat menyindir seorang ulama yang memiliki banyak pendukung di Indonesia, yakni Habib Rizieq, lewat cuitan di akun Twitter miliknya.

Akibat cuitan itu, Uus pun diserang oleh netizen dan dihujat habis-habisan. Netizen pun meminta pihak televisi yang mempekerjakan Uus segera memboikotnya. Dan mimpi buruk itu akhirnya menjadi kenyataan.

Karier yang telah susah payah dibangun oleh pemain sinetron '3 Semprul Mencari Surga 4' itu pun seketika kandas. Ia diboikot oleh dua stasiun televisi swasta tempatnya bekerja sekaligus. Dan hal itu sempat ia ungkapkan melalui cuitan di Twitter pula.

"Udah udah. Besok aku sudah ngak di Inbox. OVJ pun sepertinya demikian. Terima kasih ya semuanya," tulis Uus di akun Twitternya, kala itu.

Ia pun kembali menegaskan kalau saat itu dirinya langsung menjadi seorang pengangguran. "Hari ini fix banget pengangguran:))," tulisnya lagi di Twitter.

Kendati demikian, tampaknya Uus tak menyesal dengan aksi boikot tersebut. Belakangan, Uus baru menyadari kalau ternyata dirinya memang salah 'nyemplung' sebagai presenter yang kerap membuka aib orang lain, yang mana tak sesuai dengan kepribadian aslinya.

Ia pun sempat menyesali momen ketika dirinya menjadi presenter acara gosip tersebut.

Kini, nama Uus sudah jarang terdengar kembali di layar kaca. Meskipun demikian, ia tetap bahagia, karena saat ini dapat lebih mensyukuri arti hidup, memiliki banyak waktu untuk keluarga, dan kembali dengan jati dirinya sebagai seorang komika.

Bahkan adanya aksi pemboikotan beberapa waktu lalu, membuat dirinya tersadar dan mendapatkan banyak pelajaran untuk hidupnya di masa mendatang.

Saat ini, Uus sedang disibukkan menjadi bintang tamu di beberapa acara televisi dan berkutat dengan materi-materi stand up comedy. Dan selanjutnya, ia juga tak menutup kemungkinan untuk kembali menggeluti hobi olahraga basket yang telah digemarinya sejak lama.

Baca juga: Dua Pria Indonesia Masuk Daftar 100 Pria Terganteng Dunia

Related

Celebrity 8552412703893538310

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item