Benarkah Air Kencing Unta Berkhasiat bagi Kesehatan?

Benarkah Air Kencing Unta Berkhasiat bagi Kesehatan?

Naviri.Org - Isu atau berita tertentu bisa tiba-tiba populer, jika terkesan kontoversial atau aneh. Seperti kabar yang menyebutkan bahwa air kencing unta bisa menyembuhkan penyakit atau berkhasiat bagi kesehatan manusia.

Sebenarnya, isu semacam itu bisa datang dari mana saja, tidak sebatas dari unta atau air kencingnya. Di waktu-waktu sebelumnya, kita pernah mendengar bahwa magnet juga memiliki khasiat bagi kesehatan, meski belakangan hal itu dibantah para peneliti dan ilmuwan. Lalu, muncul klaim bahwa air alkali juga berkhasiat bagi kesehatan, meski lagi-lagi klaim itu dibantah kebenarannya.

Terkait air kencing unta, benarkah memang berkhasiat bagi kesehatan?

Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, angkat bicara mengenai klaim khasiat kencing unta untuk kesehatan, yang belakangan marak jadi perbincangan di media sosial. Menurut Nila, keabsahan soal klaim khasiat kencing unta itu masih perlu penelitian ilmiah lebih mendalam.

Sebab, Nila menjelaskan, kencing merupakan hasil sekresi dalam tubuh makhluk hidup sehingga tidak bisa asal diklaim memiliki khasiat bagi kesehatan.

"Sederhana pemikiran saya, kencing itu dikeluarkan oleh ginjal, ginjal itu wc. Wc itu (tempat) yang kotor-kotor dibuang. Buangannya itu mentah-mentah kita minum lagi, nah sudah dibuang kok diminun lagi," kata Nila kepada media.

Nila memang mengakui tetap ada kemungkinan kencing unta mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, dia mengingatkan air kencing unta kemungkinan besar juga mengandung bakteri-bakteri berbahaya.

Oleh sebab itu, Nila menegaskan informasi soal kandungan kencing unta itu perlu pemeriksaan melalui riset ilmiah. Klaim khasiatnya tidak bisa hanya memakai dasar dalil agama.

Nila menambahkan, Kemenkes selama ini sudah sering mengeluarkan peringatan kepada publik untuk tetap berhati-hati dengan informasi soal klaim khasiat zat-zat tertentu untuk kesehatan. Menurut dia, publik sebaiknya tidak asal menelan mentah-mentah informasi soal klaim khasiat berbagai zat menyehatkan yang belum jelas buktinya.

Klaim soal manfaat meminum air kencing unta menjadi polemik, usai muncul video unggahan akun instagram Ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir. Dalam akun milik Bachtiar Nasir, @bachtiarnasir, sebuah video pada Rabu (3/1/2018) menunjukkan ia sedang meminum susu unta yang bercampur air kencing unta.

Video itu memantik respons yang beragam dari warganet. Muncul pertanyaan manfaat dan khasiat dari air kencing unta, sekaligus perdebatan soal khasiatnya di media sosial. Dalam video itu, Bachtiar Nasir mengklaim bahwa air kencing unta mengandung zat yang berfungsi sebagai obat dan dapat menyembuhkan sel-sel kanker dalam tubuh manusia.


Related

Health 1337400262011328404

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item