Film-film Bagus yang Berlatar Kisah Penjara (1)

Film-film Bagus yang Berlatar Kisah Penjara

Naviri.Org - Penjara adalah tempat yang paling tidak diinginkan oleh rata-rata orang waras. Karena penjara adalah tempat yang dihuni para penjahat, orang-orang kejam, dan di sana tidak ada dinamika kehidupan sebagaimana yang dijalani orang-orang bebas di luar penjara. Karena memang fungsinya sebagai tempat hukuman, penjara pun bukan tempat yang menyenangkan.

Namun, dari tempat semacam itulah banyak film terlahir dan memukau penonton. Film-film dengan tema penjara banyak sekali dibuat, dengan berbagai kisah dan latar belakang, dalam berbagai genre. Ada penjahat yang keluar masuk penjara, orang-orang tak bersalah yang harus menjalani hukuman keliru, sampai romantika di balik dinding-dinding penjara.

Jika Anda termasuk penyuka film-film bagus, khususnya yang berlatar kisah penjara, daftar film berikut mungkin bisa dijadikan panduan.

Shawshank Redemption (1994)

Andy Dufresne adalah seorang bankir sukses. Ia harus mendekam dipenjara setelah didakwa telah membunuh istrinya dan pria yang merupakan selingkuhan istrinya. Andy diperkenalkan dengan dunia baru yang berisi makanan yang ada belatungnya, orang homo, dan berbagai derita lainnya. Andy harus menjalani semua itu, seumur hidupnya.

Saat semua harapan nampak sirna, Andy tidak menyerah. Dengan caranya yang unik, Andy mulai menjalani kehidupan barunya, dan seiring berjalannya waktu mulai menemukan penghiburan dan penebusan.

Escape from Alcatraz (1979)

Berdasarkan kisah nyata. Alcatraz adalah penjara paling aman pada masanya. Tidak ada yang bisa kabur dari sana karena penjara itu berada di tengah lautan. Suatu ketika, seorang perampok bank jenius bernama Frank Morris datang. Ia mulai berteman dengan beberapa narapidana yang ada di dalamnya, dan Frank Morris mulai menyusun rencana untuk kabur dari penjara tersebut.

Selama 29 tahun, tidak ada yang berhasil kabur dari penjara tersebut. Bagaimana cara Frank untuk kabur dari penjara Alcatraz?

The Green Mile (1999)

Di sebuah penjara eksekusi, hiduplah beberapa sipir penjara dan para tahanan yang akan dieksekusi mati. Hidup para sipir tersebut berubah semenjak datangnya seorang tahanan berkulit hitam yang dituduh telah melakukan pemerkosaan dan pembunuhan terhadap anak kecil. Tahanan tersebut bernama John Coffey yang mempunyai kemampuan ajaib untuk menyembuhkan berbagai penyakit orang.

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, para sipir penjara tersebut menyadari bahwa John Coffey sebenarnya tidak bersalah. Dan setelah mereka menyadari hal tersebut, apa John Coffey akan dieksekusi?

Cell 211 (2009)

Di sebuah penjara, sedang terjadi kerusuhan yang mengakibatkan seluruh penjara jadi hancur. Saat seorang sipir baru bernama Juan Oliver datang ke penjara tersebut, tak sengaja ia malah tertimpa puing gedung dan jatuh pingsan.

Ia harus dimasukan ke sel nomor 211 karena sedang terjadi kerusuhan, dan ia tak dapat dibawa ke rumah sakit. Juan harus menyamar menjadi salah satu tahanan di sana dan berusaha untuk kabur dari penjara tersebut.

Law Abiding Citizen (2009)

Setelah istrinya dibunuh, dan anaknya yang masih kecil diperkosa, sang ayah tak bisa tinggal diam. Ia mulai memburu para pembunuh dan memastikan mereka mendapat ganjaran yang setimpal.

Namun saat penegak hukum dirasa tak memberi hukuman yang sepantasnya, dan masih ada pelaku yang lolos, Clyde Shelton memutuskan untuk menegakkan keadilan dengan tangannya sendiri. Ia juga berencana untuk menghabisi para oknum hukum yang tak bekerja seperti yang ia mau.

In Hell (2003)

Seorang pria bernama Kyle LeBlanc mendapat kabar bahwa istrinya sedang dalam bahaya. Saat ia tiba di rumah, semuanya sudah terlambat karena istrinya telah terbunuh. Pria yang telah membunuh istrinya tak bisa dipenjara karena kurangnya bukti-bukti, jadi Kyle yang menanggung semua itu, dan Kyle yang dijebloskan ke penjara.

Kyle dikirim ke penjara Rusia yang sadis, di mana para tahanan dipaksa untuk mengikuti pertarungan liar. Di dalam pertarungan tersebut, para sipir dan orang kaya akan menghibur diri mereka dengan bertaruh atas para tahanan. Kyle harus berjuang antara hidup dan mati.

Escape Plan (2013)

Mungkin bagi kita, penjara yang berada di sebuah pulau yang ada di tengah lautan itu sudah biasa. Mungkin juga kita menganggap bahwa penjara seperti itu adalah penjara yang paling aman. Tapi bagaimana dengan penjara yang bisa bergerak? Apa jadinya jika sebuah penjara dapat bergerak dan tak dapat diketahui lokasinya?

Film ini bercerita tentang seorang pria bernama Ray Breslin, yang bekerja sebagai penguji keamanan penjara. Ray akan pergi ke berbagai penjara dan menjadi tahanan sementara. Dari situ, Ray akan mempelajari seluk-beluk sebuah penjara untuk meloloskan diri. Suatu ketika, Ray harus masuk ke dalam penjara paling aman, dan tak pernah ia duga sebelumnya. Apa ia akan berhasil?

The Great Escape (1963)

Pada saat perang dunia ke-2, terdapat sebuah penjara Nazi yang dikhususkan untuk mengurung tawanan perang yang suka mencoba untuk kabur dari penjara. Para tawanan tersebut sudah berkali-kali mencoba untuk kabur dari berbagai penjara, mungkin sebab itu mereka dipindahkan ke penjara ini.

Niat mereka tak pernah luntur untuk kabur dari penjara. Di penjara yang satu ini, mereka juga berniat untuk meloloskan diri dengan membuat terowongan di bawah tanah. Berdasarkan kisah nyata.

Baca lanjutannya: Film-film Bagus yang Berlatar Kisah Penjara (2)

Related

Film 2865418033288564497

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item