Film-film Bagus yang Berlatar Kisah Penjara (3)

Film-film Bagus yang Berlatar Kisah Penjara

Naviri.Org - Uraian ini lanjutan uraian sebelumnya (Film-film Bagus yang Berlatar Kisah Penjara 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Cool Hand Luke (1967)

Luke Jackson adalah pahlawan perang yang suka mabuk-mabukkan. Suatu ketika, ia dijebloskan ke penjara karena suatu masalah, dan harus mendekam di penjara selama dua tahun. Di penjara, Luke adalah tahanan yang baik dan tak pernah berbuat onar.

Namun semuanya berubah sejak Luke berkelahi dengan seorang tahanan lain. Sejak perkelahian itu, Luke jadi dihormati oleh para tahanan lainnya, dan dari situ Luke mulai suka memberontak dan melawan sistem penjara yang ada.

Rescue Dawn (2006)

Dieter Dengler (Christian Bale) adalah pilot tentara Amerika yang terdampar di Vietnam, saat sedang terjadi perang Vietnam. Akibatnya, Dieter ditahan di penjara perang yang ada di tengah hutan.

Di sana Dieter bertemu dengan tahanan perang lainnya, dan berencana untuk kabur dari kamp penjara tersebut. Perjuangan Dieter tidak mudah. Setelah berhasil kabur dari penjara tersebut, Dieter masih harus berusaha bertahan hidup di hutan. Diangkat dari kisah nyata.

The Escapist (2008)

Frank Perry adalah terpidana yang dipenjara seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat. Ketika anak perempuannya dikabarkan jatuh sakit, ia bertekad untuk bertemu dengan putrinya, sebelum semuanya terlambat.

Frank mulai mengembangkan sebuah rencana pelarian yang cerdik, dan merekrut para tahanan dengan berbagai keterampilan unik untuk melancarkan aksi mereka. Mereka harus melewati terowongan, selokan, dan sungai bawah tanah di bawah tanah London. Apakah mereka akan berhasil?

Bronson (2008)

Penjara terkenal dengan tempat yang mengerikan. Setiap orang di dunia takkan ada yang mau masuk ke dalam penjara, tempat yang berisi rutinitas monoton yang sangat membosankan. Namun apa jadinya, jika ada seseorang yang justru suka penjara? Apa jadinya jika ada seorang pria yang menganggap blok sel penjara sebagai kamar hotel?

Charlie Bronson (Tom Hardy) adalah tahanan paling bengis di Inggris. Charlie selalu berpindah-pindah penjara karena selalu berbuat onar di mana-mana. Dirinya suka memukuli orang tanpa alasan jelas. Tak diketahui kenapa Charlie bisa jadi orang yang seperti itu.

Ia selalu bermimpi ingin jadi orang terkenal. Mungkin, ia pikir dengan berbuat onar dapat membuatnya jadi orang terkenal. Akibatnya, Charlie mendekam di penjara selama 34 tahun. Dan ia sudah berpindah penjara sebanyak 30 kali. Berdasarkan kisah nyata.

Stone (2010)

Jack Mabry adalah seorang pria yang bertugas memberikan pembebasan bersyarat bagi para tahanan di penjara. Beberapa minggu lagi Jack akan pensiun, namun sebelum itu ia harus menyelesaikan kasus terakhirnya, yaitu Stone.

Stone tampaknya telah ditahan atas kejahatan yang tidak dia lakukan. Ia berusaha menghilangkan bukti tapi tak berhasil, sehingga Stone dijebloskan ke penjara. Di penjara, Stone berusaha keras untuk mencari nilai baik supaya dapat dibebaskan. Ia berusaha untuk menjadi tahanan yang baik dan penurut. Tidak hanya itu, Stone juga menyuruh istrinya untuk merayu Jack supaya dapat membebaskannya. Apa Stone akan bebas?

The Longest Yard (2005)

Paul "Wrecking" Crewe adalah superstar olahraga football pada masanya. Tapi masa itu sudah berlalu, dan sekarang Paul tengah mendekam di penjara akibat sebuah insiden.

Suatu ketika, seorang sipir penjara bernama Warden Hazen menyuruh Paul untuk membentuk sebuah tim football dari dalam penjara. Anggota tim tersebut terdiri dari para tahanan atau narapidana yang tertarik dan mau bermain football. Mereka akan berlatih untuk melawan para petugas penjara dalam sebuah pertandingan football.

Get the Gringo (2012)

Seorang supir berhasil membawa lari uang yang sangat banyak, yang jumlahnya lebih dari $2 juta. Ia ditangkap oleh polisi Meksiko, dan dijebloskan ke penjara. Namun sang polisi membawa kabur uang tersebut, dan memanipulasi tuduhan atas sang supir supaya bisa masuk penjara dengan kasus lain.

Sang supir diperkenalkan dengan penjara yang unik dan berbeda dari penjara lainnya. Ia dibawa ke sebuah penjara yang berbentuk seperti desa kecil, di situ ada banyak orang yang berdagang, bekerja, dan hidup sehari-hari seperti desa pada umumnya.

Karena suatu alasan, sang supir mendapat nama julukan, yaitu "The Gringo". Ia mulai mempelajari sistem penjara tersebut, dan harus berurusan dengan mafia yang ada di sana. Gringo mulai bekerja sama dengan seorang anak kecil untuk bertahan hidup dan keluar dari sana.

Felon (2008)

Wade Porter sangat bahagia. Ia akan segera menikah dengan istrinya, dan bisnisnya juga telah dapat pinjaman uang dari bank. Namun semua kebahagiaan itu harus ditunda untuk waktu yang lama.

Suatu malam, Wade memergoki ada seorang pencuri yang masuk rumahnya. Saat sang pencuri mau kabur, Wade mengejarnya dan memukul kepala pencuri dengan tongkat baseball. Tak disangka, ternyata pencuri itu tewas. Wade dijebloskan ke penjara akibat perbuatan yang tak ia sengaja. Wade mulai diperkenalkan dengan dunia baru, tempat di mana penjahat yang sesungguhnya berada.

Shot Caller (2017)

Banyak orang yang bilang, kalau orang-orang yang keluar dari penjara bukan bertobat atau insaf malah jadi semakin brutal. Itu bisa terjadi karena pergaulan yang ada di penjara sangat jauh dari yang kita bayangkan, seperti yang ada di film ini.

Jacob (Nikolaj Coster-Waldau) adalah pekerja kantoran yang mapan. Hidupnya baik-baik saja, sampai ia mengalami kecelakaan mobil. Akibatnya ia jadi dijebloskan ke penjara, dan diperkenalkan dengan dunia baru yang berisi para penjahat kelas kakap. Ini kisah seorang pria berjas dan berambut klimis, yang setelah keluar penjara malah jadi pria bertato dan berkumis tebal, serta terlibat dalam perang geng.

Brawl in Cell Block 99 (2017)

Bradley hidup sederhana bersama istrinya. Suatu ketika, ia dipecat dan tidak tahan lagi dengan hidupnya yang miskin. Bradley akhirnya memutuskan untuk jadi pengedar narkoba. Sayangnya, ia ditangkap oleh polisi, dan harus mendekam di penjara.

Akibatnya, Bradley jadi incaran bos mafia yang telah dirugikan jutaan dollar. Bradley harus menuruti kemauan sang bos mafia. Kalau tidak, istrinya yang sedang hamil dan anak yang ada dalam kandungannya akan dibantai.

Baca juga: 100 Film Horor Paling Menakutkan

Related

Film 5646915123566593193

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item