Film-film Terbaik Tentang Time-Travel (1)

Film-film Terbaik Tentang Time-Travel

Naviri.Org - Salah satu angan atau khayalan populer banyak orang adalah mesin waktu. Bayangkan, dengan mesin waktu, kita bisa pergi ke masa lalu atau ke masa depan. Saat ke masa lalu, kita bisa kembali bertemu orang-orang yang kini telah meninggal, seperti kakek dan nenek atau leluhur kita sebelumnya. Saat ke masa depan, kita dapat melihat siapa saja orang-orang yang akan kita temukan di masa mendatang, seperti siapa jodoh kita, atau bagaimana wujud kita kelak.

Tentu saja, mesin waktu atau perjalanan terkait waktu semacam itu sangat menyenangkan. Tapi benarkah begitu?

Menjawab pertanyaan dan khayalan terkait mesin waktu, ada cukup banyak film yang bertema mesin waktu, dan menyuguhkan gambaran yang mungkin akan terjadi jika mesin waktu atau kemampuan time-travel benar-benar terjadi. Terkait film-film seputar time-travel, berikut ini bisa dianggap yang terbaik.

1. About Time (2013)

Bercerita tentang seorang anak muda berusia 21 tahun bernama Tim. Ia terkejut saat diberitahu ayahnya, bahwa dirinya punya kemampuan k menjelajahi waktu ke masa lalu dan ke masa depan. Bukan kekuatan untuk mengubah nasib dunia dan mencegah peperangan, Tim setidaknya bisa mengubah segala sesuatu yang ada dalam hidupnya menjadi lebih baik.

Setelah mengetahui hal itu, Tim tidak menggunakannya untuk mencari kekayaan atau meraih suatu prestasi. Tim malah memutuskan untuk menggunakan kekuatannya demi mencari cinta.

2. The Butterfly Effect (2004)

Evan Treborn adalah pemuda yang punya masalah aneh dalam hidupnya. Sejak kecil ia sering kehilangan kesadaran dan ingatan, di waktu-waktu tertentu dalam hidupnya. Evan tak pernah tahu apa yang terjadi saat ia kehilangan kesadaran, hingga ia selalu menulis segala aktivitasnya dalam sebuah catatan. Saat sudah tumbuh dewasa, Evan duduk di bangku kuliah, dan sejak itu ia tak pernah mengalami hilang ingatan.

Suatu siang, Evan mencoba untuk melihat catatan masa kecilnya, saat ia sering mengalami hilang ingatan. Evan mulai mengingat suatu kejadian di masa lalunya, dan secara misterius bisa kembali ke masa lalu saat ia masih kecil. Dari situ, Evan menyadari bahwa dirinya bisa kembali ke masa lalu dengan membaca dan mengingat catatan masa kecilnya.

3. The Looper (2012)

Di masa depan, dunia berubah sangat drastis, di mana mesin waktu sudah jadi hal biasa. Badan penegak hukum yang baru, dibentuk untuk mengatasi hal itu. Di sana terdapat sekelompok agen khusus yang bertugas mengeksekusi berbagai orang misterius yang dikirim dari masa depan. Para agen itu disebut Looper. Tidak diketahui siapa nama orang dari masa depan yang harus dieksekusi, dan kenapa mereka dieksekusi. Yang jelas, Looper tidak boleh melepaskan targetnya.

Suatu ketika, ada seorang Looper bernama Joe, yang tak sengaja telah melepaskan target eksekusinya. Sejak saat itu, ia jadi buronan dan harus mencari tahu kebenaran di balik semua itu.

4. Edge of Tomorrow (2014)

Di masa depan, bumi dikuasai oleh alien, dan manusia hampir punah. Diciptakanlah senjata khusus yang dapat digunakan untuk membasmi dan memburu para alien.

Suatu ketika, ada seorang prajurit bernama Cage yang terpaksa harus terjun ke peperangan, padahal ia tak punya kemampuan sama sekali. Alhasil, dirinya meninggal dalam hitungan menit.

Anehnya, setelah ia meninggal, Cage malah terbangun kembali, tepat sebelum perang itu dimulai. Dari situ, Cage mulai mengulang waktu di hari yang sama setiap kali ia meninggal. Dengan kemampuannya yang misterius itu, Cage harus mencari cara untuk memenangkan peperangan, dan keluar dari putaran waktu.

5. Predestination (2014)

Di masa depan, ada sebuah badan penegak hukum yang memanfaatkan mesin waktu untuk mencegah kejahatan sebelum terjadi. Ada agen khusus yang ditugaskan untuk menjelajahi waktu, demi menangkap para penjahat. Suatu ketika, ada seorang penjahat yang dapat memanipulasi waktu, sama seperti para agen khusus, sehingga dia menjadi musuh bebuyutan seorang agen.

Suatu malam, agen itu memutuskan untuk datang ke sebuah bar, dan berbincang dengan seorang pria misterius. Pria itu mengaku bahwa dulu dirinya pernah jadi seorang wanita. Bagaimana kisah seorang wanita bisa menjadi seorang pria secara utuh? Kisah pria misterius itu yang akan menjadi kunci untuk sang agen dalam memecahkan kasusnya.

6. The Time Traveler's Wife (2009)

Henry adalah seorang penjelajah waktu. Uniknya, dia tak bisa menjelajah waktu sesuka hatinya. Henry sering menghilang dan berpindah ke suatu tempat di masa lalu atau masa depan secara tak sengaja. Karena itu, Henry sangat sulit dalam menjalani aktivitas di kehidupannya.

Suatu ketika, Henry bertemu seorang wanita misterius bernama Clare, yang mengaku telah lama mengenal Henry. Henry jadi bingung dan mulai penasaran dengan sosok Clare. Seiring berjalannya waktu, mereka saling jatuh cinta dan berusaha untuk menghadapi kelainan yang dimiliki Henry.

7. Project Almanac (2015)

Sekelompok remaja menemukan sebuah rancangan atau panduan untuk membangun mesin waktu. Mereka mulai mencoba membangun mesin waktu tersebut dari berbagai benda yang tak terduga, dan akhirnya berhasil. Sejak saat itu, David dan teman-temannya bertekad untuk mengubah hidup mereka menjadi lebih baik.

Mereka pun mulai bersenang-senang dengan melakukan berbagai macam hal menyenangkan, yang menjadi mimpi para remaja pada umumnya. Namun, saat salah satu dari mereka melanggar sebuah aturan, semuanya jadi berantakan.

8. Twelve Monkeys (1995)

Di masa depan, umat manusia hampir punah karena suatu virus yang telah membasmi sebagian besar manusia. Seorang agen bernama James Cole dikirim ke masa lalu, untuk mencari tahu solusi dan cara mencegah semua ini.

Namun, saat James kembali ke masa lalu dan memberitahu semua orang tentang bencana yang akan datang, ia dianggap gila dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa. James mulai bertanya kepada dirinya sendiri, apakah ia memang dikirim ke masa lalu, atau hanya berhalusinasi?

9. Groundhog Day (1993)

Phill Connors adalah reporter pembawa acara cuaca. Ia orang yang sangat menyebalkan karena sombong, cuek, dan selalu menyakiti hati orang lain.

Suatu ketika, Phill pergi ke Punxsutawney untuk menyaksikan acara Groundhog Day (Festival Tupai). Dari awal, Phill sudah ragu dan malas untuk pergi. Mungkin karena Phill menganggap acara ini tidak penting dan aneh. Benar saja, saat terjadi sebuah kendala, Phill langsung mengejek dan ingin pulang. Namun, saat terdapat badai salju, Phill jadi tak bisa pulang dan harus menginap disana. Sejak saat itu, terjadi berbagai kejadian aneh yang dialami Phill.

Segala peristiwa yang terjadi di hari kemarin kembali terulang di keesokan harinya. Phill harus mencari tahu apa yang sedang terjadi pada dirinya. Awalnya, Phill merasa kesal dan bosan, namun akhirnya memutuskan untuk memanfaatkan waktu yang ada dari setiap peristiwa yang terjadi berulang-ulang.

10. Back to the Future (1985)

Marty McFly adalah anak muda biasa yang berteman dengan seorang ilmuwan gila bernama Dr. Emmett Brown. Suatu hari, Dr. Brown berhasil menciptakan mesin waktu yang berbentuk seperti mobil. Karena sebuah kecelakaan, Marty secara tak sengaja terkirim ke masa lalu, ke 13 tahun yang lalu. Di sana ia kebingungan dan harus mencari cara untuk pulang kembali.

Marty bertemu dengan kakek dan neneknya, dan Marty bisa melihat ayahnya yang masih muda. Ternyata dulu ayah Marty selalu di-bully, dan jadi anak yang culun. Marty pun berniat membantu ayahnya, supaya ayah Marty dapat memiliki masa depan yang lebih baik. Marty segera menyadari bahwa kejadian ini bisa dijadikan kesempatan untuk memperbaiki hidup ayahnya dan hidupnya sendiri.

Baca lanjutannya: Film-film Terbaik Tentang Time-Travel (2)

Related

Film 7167760702098100418

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item