Lady Gaga di Antara Derita Sindrom Fibromyalgia

Lady Gaga di Antara Derita Sindrom Fibromyalgia

Naviri.Org - Lady Gaga dikenal dunia sebagai penyanyi kontroversial yang selalu menarik perhatian. Sebagian orang memujanya, sebagian lain menghujatnya, dengan berbagai alasan. Yang jelas, sosok Lady Gaga selalu menarik banyak perhatian di mana pun berada, hingga tak heran kalau konser-konsernya selalu ramai penonton dan biasanya juga diberitakan secara sensasional.

Karena kontroversi terkait dirinya, Lady Gaga pernah ditolak konser di Indonesia oleh sebagian orang.

Terlepas dari hal itu, ada hal terkait Lady Gaga yang sungguh memprihatinkan. Yaitu mengenai penyakit yang dideritanya, yang membuat penyanyi enerjik itu kini harus berada di tengah penderitaan dan rasa sakit.

Sebuah video berjudul “Gaga: Five Foot Two” memperlihatkan rutinitas Lady Gaga yang tak lazim. Di balik hingar bingar dunia hiburan, keenerjikan, dan gaya hidupnya yang mewah, Gaga sedang berjuang melawan penyakit yang diderita. Gaga memilih rehat dari segala kesibukan dan membatalkan beberapa jadwal konsernya.

Setelah membatalkan penampilan di sebuah festival musik di Rio de Janeiro, Gaga akhirnya juga membatalkan tur konser keliling Eropa. Ia sempat banjir hujatan karena dianggap berbohong dan mengecewakan penggemar. Namun, di akun twitternya, @ladygaga mencuitkan alasan di balik keputusan rehatnya.

"Dalam dokumenter kami #chronicillness #chronicpain, saya berjuang dengan #Fibromyalgia. Saya ingin membantu meningkatkan kesadaran dan terhubung dengan penderita lainnya.”

Dalam film dokumenter, digambarkan reaksi Gaga saat penyakitnya kambuh. Ia tampak ingin menangis hingga menutup muka dengan kedua tangan. Pelantun "Born This Way" ini didiagnosis menderita Fibromyalgia Syndrome (FMS). Fibromyalgia merupakan penyakit kronis yang membuat penderitanya mengalami rasa sakit di sekujur tubuh.

Penyakit ini menyerang perempuan dua kali lebih tinggi dibanding pria. Hingga kini, penyebab pastinya belum diketahui, tapi ia dikaitkan dengan masalah neurologis. Diperkirakan ada kadar senyawa tidak normal di otak, yang mengakibatkan perubahan sistem saraf pusat (otak, sumsum tulang belakang, dan saraf) ketika memproses pesan nyeri ke seluruh tubuh.

Penderita penyakit ini biasa merasakan sakit berupa sensasi terbakar, ditusuk-tusuk, atau nyeri yang dirasakan setidaknya selama 12 minggu.

Sekitar 8 persen populasi di Amerika terdeteksi menderita sindrom ini. Penelitian menunjukkan penyakit ini sangat mungkin diwariskan lewat gen. Jika penderita memiliki kembaran, maka kembarannya memiliki kemungkinan 50 persen terkena sindrom yang sama. Anak yang orangtuanya merupakan penderita juga punya kemungkinan 8,5 kali lebih besar mengalami kondisi fibromyaglia.

“Namun mengenai mutasi gen spesifik apa yang menyebabkan hal tersebut, kita belum tahu,” kata dr. Arya Mohabbat dari Klinik Mayo.

Rasa sakit yang dirasakan juga seringkali membuat penderita hipersensitif terhadap rasa sakit. Lalu menderita kelelahan, karena rasa sakit menyebabkan penderita jadi kurang tidur. Juga kekakuan otot, sulit konsentrasi atau mengingat sesuatu, sakit kepala, serta sakit perut dan kembung.

Namun, beberapa lainnya dipicu oleh trauma, luka, atau infeksi. Makanan dan obat bisa mengganggu mereka. Seringkali pasien mengatakan terkena efek samping dari obat ini atau obat itu karena hipersensitif, demikian Arya menerangkan kepada Billboard.

Tak bisa disembuhkan

Gaga sebetulnya sudah lama merasakan gejala dari sakitnya. Ia juga pernah dirawat akibat sakit pinggang tak berkesudahan. Tubuh bagian kanannya seringkali terasa sakit, tapi tak diacuhkan. Gaga santai saja. Sering kali ia hanya mengompres dan memijat bagian tubuh yang dirasa sakit.

Pengobatan untuk fibromyalgia memang tidak sungguh menyembuhkan. Ia hanya meringankan rasa sakit pasien. Biasanya, dokter akan memberikan beberapa perawatan yang meringankan, yakni obat antidepresan dan obat penghilang rasa sakit. Sakit berkepanjangan juga seringkali membuat pasien capek dan depresi.

Untuk mengatasi bagian yang ini, beban mental pasien sebisa mungkin disampaikan kepada konselor, sehingga dapat mencari strategi menangani stres pasien.

Beberapa pasien menjadi hipersensitif terhadap obat-obatan. Pemberian obat malah bisa membuat mereka merasakan efek samping dan rasa sakit yang lebih banyak. Maka, upaya terakhir amatlah penting: mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan berolahraga. Olahraga justru menjadi hal krusial, meski jelas sulit dilakukan oleh orang yang sedang sakit.

“[Olahraga] bukan untuk membuat mereka kesakitan, tapi agar mereka tetap bergerak. Memastikan mereka tetap lentur, seperti kata pepatah lama, 'Anda menggunakan [tubuh] atau Anda kehilangannya',” kata Arya.


Related

Health 7813191614716954893

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item