Mengapa Orang Memburu dan Memperdagangkan Hiu?

 Mengapa Orang Memburu dan Memperdagangkan Hiu?

Naviri.Org - Di lautan, hiu adalah hewan yang ditakuti, baik oleh sesama hewan maupun oleh manusia. Namun, bukan berarti manusia tidak berminat menyantap hiu. Bukan hanya menjadikan hiu sebagai santapan, manusia juga memanfaatkan hiu untuk berbagai keperluan lain, termasuk untuk keperluan perdagangan ekspor. Inilah asal usul mengapa manusia memburu dan memperdagangkan hiu.

Jika ada permintaan, maka akan ada penawaran. Itu hukum dagang yang biasa berlaku di dunia. Terkait hiu, ada permintaan untuk konsumsi makanan, khususnya bagian siripnya, maka orang-orang pun kemudian memburu hiu di lautan, untuk kemudian diperdagangkan. Kenyataan semacam itu juga terjadi di Indonesia.

Di Indonesia, mata rantai perdagangan hiu mengurut dari tingkat nelayan, pengepul, unit-unit pengolahan, pengekspor, hingga negara pengimpor. Bagi masyarakat awam, hiu dianggap hewan seram. Tapi, tiap-tiap bagian tubuh hiu bernilai tinggi secara ekonomi, dari daging sampai sirip. Perdagangan ikan hiu di Indonesia pada intinya dibagi menjadi ekspor dan domestik serta memanfaatkan semua bagian dalam ikan hiu.

Kantor Bea dan Cukai serta Bagian Karantina Kementerian Kelautan dan Perikanan membagi empat komoditas ekspor ikan hiu: sirip hiu kering (dried fins), sirip hiu basah (salted fins), daging ikan hiu beku (sharks nei, frozen), dan kelompok produk hiu (sharks fresh).

Komoditas bagian-bagian tubuh hiu meliputi daging, tulang, kulit, gigi, hati, sampai usus. Daging hiu dalam keadaan kering (ikan asin) selain dijual di daerah setempat juga dikirim ke beberapa kota macam Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang; plus diekspor ke negara tetangga seperti Bangladesh dan Sri Lanka.

Tulang rawan hiu berguna antara lain untuk bahan perekat, kosmetik, pupuk, dan bahan baku farmasi, yang dipercaya oleh masyarakat Jepang sebagai bahan obat kanker.

Kulit ikan hiu dapat digunakan untuk bahan kerupuk, tas, dompet, atau sepatu. Gigi ikan hiu bisa dimanfaatkan sebagai aksesoris seperti kalung, gelang, anting, cincin, hingga kancing baju. Ususnya dapat diolah jadi bahan baku pembuat insulin serta menghasilkan enzim protease, yang banyak dimanfaatkan industri pangan dan nonpangan.

Terakhir, hati hiu dapat menghasilkan minyak pelumas di pabrik dan bahan industri obat-obatan dan kosmetik, terutama dari kelompok hiu botol (suku Squalidae dan Centrophoridae), karena mengandung vitamin A dan D. Selain itu, minyak hati hiu dari marga Centrophorus dapat dipakai sebagai bahan bakar pesawat terbang.

Ekspor sirip hiu

Sejak 1999, menurut laporan Kantor Bea dan Cukai, ekspor sirip hiu meningkat dan mendominasi produk ekspor hiu terutama ke negara-negara seperti Jepang, Hong Kong, Singapura, Cina, Malaysia, dan Taiwan.

Kawasan penyedia sirip hiu terbesar di Indonesia di antaranya berada di Jawa Timur, Jakarta, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Riau. Sementara Surabaya adalah terminal pengepul besar sirip hiu untuk komoditas ekspor, yang umumnya dikirim dari beberapa daerah seperti Nusa Tenggara, Bali, dan Kalimantan.

Dalam nomenklatur kuliner, sirip hiu umumnya dijadikan sup, disajikan di restoran-restoran makanan laut, dari Surabaya hingga Jakarta, dengan harga seporsi sampai Rp500.000.

Kendati menjadi produk andalan hiu, menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan, jumlah ekspor sirip hiu mulai menurun sejak 2003. Sebagai gambaran, jumlah ekspor sirip hiu pada 2005, baik yang kering maupun yang basah (diasinkan), sebanyak 829.162 kilogram. Pada 2006 angkanya menurun hampir 50 persen atau 485.092 kilogram.

Sirip hiu lebih digemari karena teksturnya kenyal, berurat, dan berserabut. Alasan lain, karena “faktor gengsi” supaya bisa dianggap sebagai masyarakat berkelas.

Dalam perdagangan global, berdasarkan catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2016, Indonesia menyumbang 16,8 persen dari total tangkapan hiu di dunia, menjadikan negara kepulauan ini sebagai produsen hiu terbesar di dunia.

Baca juga: Barang-barang Remeh yang Menghasilkan Jutaan Dolar

Related

Insight 4788087956987817430

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item