Apa yang Terjadi jika Motor Bensin Diisi Solar?

Apa yang Terjadi jika Motor Bensin Diisi Solar?

Naviri.Org - Rata-rata sepeda motor di Indonesia menggunakan bensin sebagai bahan bakar. Karenanya, saat sampai di SPBU atau tempat pengisian bahan bakar, pemilik sepeda motor pun akan mendatangi bagian yang menyediakan bensin, entah Pertalite, Pertamax, atau jenis bensin lain. Nah, bagaimana kalau umpama sepeda motor berbahan bakar bensin keliru diisi solar?

Meski pertanyaan itu mungkin terdengar nyeleneh, tapi kejadian seperti itu benar-benar pernah terjadi, bahkan pada banyak sepeda motor.

Peristiwa itu terjadi di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) 44.55809, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Pada awal Januari 2018, petugas di sana mengalami kekeliaruan, dan mengisikan solar pada sepeda motor yang seharusnya diisi bensin. Akibatnya, motor-motor yang kebetulan melakukan pengisian bahan bakar di sana mengalami masalah, kebanyakan mogok.

Beruntung, pihak SPBU mau bertanggung jawab dan sudah menghubungi pemilik motor untuk mengganti seluruh kerusakan akibat kesalahan petugasnya itu.

Menanggapi persoalan itu, Riecky Patrayudha, Assistan to Departement Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan, pada dasarnya jika BBM yang masuk ke tangki tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, pasti akan menimbulkan efek merugikan.

"Contohnya solar. Tidak lama setelah mesin dinyalakan pasti akan mogok, karena solar membutuhkan kompresi untuk menjadi ledakan," kata Riecky kepada media.

Riecky melanjutkan, kondisi tersebut juga akan berlaku apabila solar atau sebaliknya diisi dalam volume kecil. Efeknya, dalam jangka waktu panjang, motor atau kendaraan lain akan mengalami kerusakan.

Solusi

Apabila sudah seperti itu, menurut Riecky, harus dilihat dulu kondisi kendaraannya. Namun, pada umumnya bisa diperbaiki dengan cara menguras tangki BBM, clean up injector, dan mengganti busi, sudah hidup kembali mesinnya.

"Tetapi harus digeneralisir dulu kasus per kasusnya. Namun pada umumnya cara penanganan utamanya seperti itu," kata dia.

Baca juga: Ujet Folding, Skuter Listrik Pintar untuk Masa Depan

Related

Automotive 4255534892578476508

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item