Mengapa Rich Chigga Mengganti Namanya?

Mengapa Rich Chigga Mengganti Namanya?

Naviri.Org - Rich Chigga adalah rapper atau penyanyi hip hop asal Indonesia yang kini populer di dunia internasional. Bermula di YouTube, Rich Chigga dikenal setelah menyanyikan lagu hip hop berjudul Dat $tick. Sejak itu pula, kariernya melesat sebagai penyanyi hip hop di kancah internasional.

Kabar terbaru mengenai Rich Chigga, yang mengundang banyak spekulasi, adalah keputusan mengganti namanya. Seperti kita tahu, nama asli Rich Chigga adalah Brian Imanuel. Namun, ia menggunakan nama Rich Chigga sebagai nama panggung. Belakangan, ia memutuskan untuk meninggalkan nama Rich Chigga, dan menggunakan nama Brian sebagai nama panggungnya yang baru.

Perubahan nama itu disampaikan melalui unggahan foto di Instagram. "Ya, saya sekarang memakai nama "Brian". Saya berencana menggunakannya selamanya, dan saya sangat senang karena akhirnya bisa melakukannya," tulisnya di kapsi foto.

Brian tidak mengungkap alasannya. Namun ia juga mengakui kesalahan dan kenaifannya pada masa lalu, serta harapan memulai memulai tahun baru dengan awal yang baru pula. Hal serupa dilakukannya lewat Twitter seraya mengucapkan selamat tahun baru.

Remaja yang kini menetap di Los Angeles, California, AS, ini pun turut mengganti identitas kedua akun tersebut menjadi Brian: @iambrianimanuel. Semua video musik yang diunggah olehnya atau akun 88rising pun diganti menjadi "Brian" pada keterangan profil.

Sebenarnya, ada apa gerangan?

The Fader berspekulasi, tindakan ini merupakan respons pada gelombang protes yang diterima penyanyi rap kelahiran 3 September 1999 tersebut selama ini.

Saat ia menggunakan nama Rich Chigga sebagai nama panggung, ia mendapat kritik pedas. Pasalnya, kata chigga yang dipakai dituding akronim kulit hitam versi Tiongkok.

Alhasil penyanyi yang dahulu kerap mengunggah video komedi di Youtube ini dituduh rasis. Saat diwawancarai XXL, pada September 2016, Brian pun mengakui bahwa nama panggungnya itu adalah kesalahan.

"Nama itu saya pakai sejak lama, dan saat itu saya tidak tahu apa yang saya lakukan. Saya tahu sebagian orang tersinggung dengan nama tersebut, tapi satu waktu ada pula yang tak peduli dan masa bodoh. Saya pikir hal tersebut tidak seharusnya menjadi fokus utama, tapi saya mengerti bahwa itu menyinggung orang lain. Saya jelas tak mau menjadikan hip-hop sebagai lelucon," imbuhnya menjelaskan.

Namun, hingga saat ini belum ada penjelasan resmi mengapa adik narablog mode Sonia Eryka tersebut mengganti namanya. Berita soal penggantian nama alias pun mengiringi peluncuran single terbarunya, See Me.

Dilansir Highsnobiety, Brian menjelaskan bahwa See Me merupakan lagu yang memiliki cerita paling personal baginya. Maklum, liriknya menceritakan tentang introspeksi, perjalanan hingga saat ini di dunia, dan apa rencananya pada masa depan.

Lagu yang diciptakan dan diproduseri langsung olehnya ini akan masuk dalam "Amen" yang bakal dirilis pada 2 Februari 2018 lewat perusahaan rekaman 88rising.

Bersama 88rising pula, Brian pernah menggoyang Jakarta dengan beberapa lagunya yang populer seperti Dat $tick, Glow Like That, dan Crisis. Ia dan beberapa penyanyi lain yang diboyong 88rising seperti Joji, Higher Brothers, dan Keith Ape tampil di gelaran musik Djakarta Warehouse Project 2017 pada 16 Desember lalu.

Brian mengawali sukses lewat video musik yang viral buatannya bersama dengan Youtuber Andi Garcia. Video tersebut berisi lagu berjudul Dat $tick pada 2016.

Dari sana ia digaet 88rising, perusahaan rekaman yang mewadahi artis-artis Asia untuk berkarya. Brian hingga saat ini pun sukses berkolaborasi dengan banyak penyanyi kelas dunia seperti Diplo, Skrillex, 21 Savage, dan lainnya.

Baca juga: Perjalanan Agnez Mo Menuju Panggung Internasional

Related

Celebrity 8390011510929524307

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item